Mau Hemat? Hapus 3 Aplikasi ini dari Ponsel Anda

Kompas.com - 22/03/2019, 08:30 WIB
Ilustrasi hemat uangThinkstock/fitriyantoandi Ilustrasi hemat uang

NEW YORK, KOMPAS.com - Pemborosan rupanya bukan hanya dari faktor lingkungan. Faktor-faktor lain di sekitar Anda juga menjadi pengaruh besar dalam hal finansial, tidak terkecuali dari ponsel pintar yang Anda gunakan sehari-hari.

Percaya atau tidak, Anda harus mulai selektif dalam memilih aplikasi yang terpasang pada ponsel pintar. Beberapa aplikasi mungkin akan membuat Anda jauh lebih boros. Dilansir dari Huffington Post, Jumat (22/3/2019) aplikasi itu antara lain adalah sebagai berikut.

1. Aplikasi pesan antar makanan

Aplikasi food delivery atau layanan pesan antar dari restoran akan membuat Anda lebih boros. Aplikasi ini memudahkan Anda untuk memesan makanan, namun dengan biaya yang lebih tinggi.

Anda harus membayar pajak, biaya layanan, biaya pengiriman, dan tip pengemudi. Martabak yang harganya Rp 30.000 mungkin saja berubah menjadi Rp 60.000 jika Anda menggunakan jasa ini.

Jadi, bila Anda ingin menghemat pengeluaran, segera hapus aplikasi ini.

Baca juga: Lakukan 2 Hal Mendasar Ini untuk Hemat Pengeluaran

2. Aplikasi belanja online

Aplikasi belanja online yang 'nangkring' di ponsel pintar Anda juga akan mempengaruhi finansial. Bila Anda tidak bisa menahan keinginan belanja Anda, Anda akan dengan mudah memencet tombol 'Beli Sekarang' dan anggaran belanja bulanan Anda melebihi batas normal.

3. Game berbayar

Aplikasi game berbayar biasanya menawarkan pembelian dalam aplikasi. Mulai dari pembelian senjata, pembelian kenaikan level, item khusus, dan lain sebagainya.

Tahun 2015, aplikasi game menyumbang 85 persen penghasilan dari seluruh aplikasi global.

Baca juga: Patut Ditiru, Ini 5 Kebiasaan Hemat Keluarga Kerajaan Inggris

Kecanduan Candy Crush atau Pokemon Go mungkin tampak tidak berbahaya, tetapi sadarkah Anda berapa banyak uang yang telah Anda keluarkan untuk aplikasi tersebut?

Memang tidak ada yang salah dengan menghabiskan waktu Anda untuk bermain video game. Tetapi jangan menghabiskan uang hasil jerih payah Anda untuk emas palsu di dalam game. Lebih baik uang tersebut disisihkan untuk tabungan atau dana darurat di masa depan.




Close Ads X