Bisakah Tol Layang Jakarta-Cikampek Beroperasi saat Mudik Lebaran 2019?

Kompas.com - 22/03/2019, 09:33 WIB
Pekerjaan konstruksi Tol Jakarta-Cikampek elevated. Jasa MargaPekerjaan konstruksi Tol Jakarta-Cikampek elevated.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalan Tol Jakarta-Cikampek elevated ditargetkan bisa digunakan saat arus mudik Lebaran 2019.

Namun, hingga kini progres pembangunan proyek tersebut baru 70 persen. Hal tersebut diungkapkan Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Budi Setiyadi saat menggelar konferensi pers di kantornya, Kamis (21/3/2019).

“Japek Elevated II sampai sekarang progresnya sudah 70 persen," ujar Budi.

Budi mengaku mengetahui hal tersebut setelah pihaknya berkoordinasi dengan Jasa Marga selaku operator jalan tol tersebut.

Baca juga: Masuki Libur Natal dan Tahun Baru, Pengerjaan Proyek di Tol Jakarta-Cikampek Disetop

Budi berharap Tol Jakarta-Cikampek Elevated bisa beroperasi saat arus mudik Lebaran 2019. Sebab, dengan beroperasinya ruas tol layang tersebut diharapkan mampu mengurai kemacetan.

Namun, jika nantinya ruas tol tersebut tak bisa digunakan, Kemenhub akan menyiapkan strategi lainnya untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan.

“Saat mendekati mudik, kita tetap akan memberlakukan pembatasan kendaraan barang. Akhir Maret keputusan pembatasan barang sumbu tiga ke atas di beberapa jalan tol dan jalan negara akan kita finalisasi," kata Budi.

Baca juga: Dua Rekomendasi Kemenhub untuk Urai Macet Tol Jakarta-Cikampek


Untuk diketahui, proyek ini merupakan prakarsa badan usaha atau unsolicited project yang dipegang PT JJC, anak usaha PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Biaya konstruksi tol ini mencapai Rp 13,53 triliun.

Tingginya biaya konstruksi disebabkan karena seluruh konstruksi merupakan jalan layang.



Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X