BI: Triwulan I, Total Modal Asing Masuk ke RI Rp 74,4 Triliun

Kompas.com - 22/03/2019, 17:02 WIB
Ilustrasi dollar AS Thinkstock.comIlustrasi dollar AS

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai modal asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia hingga triwulan 1 tahun 2019 mencapai Rp 74,4 triliun yang disumbang dari Surat Berharga Negara sebesar 62,5 triliun dan saham (equity) sebesar 11,9 triliun.

Meski mencapai 74,4 triliun dan lebih besar dari tahun 2018 yang hanya mencapai 13,9 triliun.

"Investasi kami sampaikan polanya kalau awal tahun itu agak lambat dibanding triwulan 4, tapi akan meningkat di triwulan-triwulan berikutnya. Tapi investasi masih cukup tinggi sehingga pertumbuhan ekonomi mencapai 5,2 persen di triwulan 1," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Komplek Masjid Bank Indonesia, Jumat (22/3/2019).

Perry mengungkapkan kepercayaan investor asing kepada Indonesia masih baik. Hal ini dibuktikan dengan terus masuknya portofolio investasi terutama portofolio investasi konstruksi.

"Konstruksi saya kira masih cukup baik, investasi non-kontruksi yang agak melambat. Kalau investasi kontruksi tetap tinggi karena berkaitan dengan terus berlanjutnya pengembangan-pengembangan infrastruktur baik fisik maupun perusahaan energi," papar Perry.

Karena konfiden yang baik itu, Perry memperkirakan neraca pembayaran akan surplus dan defisit akan turun.

"Kita perkirakan neraca pembayaran akan surplus dan defisit yang akan turun. Surplus dari neraca modal juga akan tinggi lebih tinggi dari devisit transaksi," tutupnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.