Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BI: Triwulan I, Total Modal Asing Masuk ke RI Rp 74,4 Triliun

Kompas.com - 22/03/2019, 17:02 WIB
Fika Nurul Ulya,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Nilai modal asing (capital inflow) yang masuk ke Indonesia hingga triwulan 1 tahun 2019 mencapai Rp 74,4 triliun yang disumbang dari Surat Berharga Negara sebesar 62,5 triliun dan saham (equity) sebesar 11,9 triliun.

Meski mencapai 74,4 triliun dan lebih besar dari tahun 2018 yang hanya mencapai 13,9 triliun.

"Investasi kami sampaikan polanya kalau awal tahun itu agak lambat dibanding triwulan 4, tapi akan meningkat di triwulan-triwulan berikutnya. Tapi investasi masih cukup tinggi sehingga pertumbuhan ekonomi mencapai 5,2 persen di triwulan 1," kata Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Komplek Masjid Bank Indonesia, Jumat (22/3/2019).

Perry mengungkapkan kepercayaan investor asing kepada Indonesia masih baik. Hal ini dibuktikan dengan terus masuknya portofolio investasi terutama portofolio investasi konstruksi.

"Konstruksi saya kira masih cukup baik, investasi non-kontruksi yang agak melambat. Kalau investasi kontruksi tetap tinggi karena berkaitan dengan terus berlanjutnya pengembangan-pengembangan infrastruktur baik fisik maupun perusahaan energi," papar Perry.

Karena konfiden yang baik itu, Perry memperkirakan neraca pembayaran akan surplus dan defisit akan turun.

"Kita perkirakan neraca pembayaran akan surplus dan defisit yang akan turun. Surplus dari neraca modal juga akan tinggi lebih tinggi dari devisit transaksi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com