Tips agar Rumah Kontrakan Cepat Laku

Kompas.com - 23/03/2019, 09:09 WIB
Ilustrasi rumah.Kementerian PUPR Ilustrasi rumah.

KOMPAS.com - Investasi di sektor properti seperti rumah memang menguntungkan. Selain dijadikan sebagai hunian pribadi, rumah juga bisa disewakan atau dikontrakkan jika sudah tidak dihuni lagi.

Penghasilan dari sewa rumah nanti bisa digunakan untuk membeli atau kredit rumah baru. Sehingga aset Anda terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Jika Anda mempunyai rumah tidak dihuni lagi, jangan ragu untuk menyewakannya kepada orang yang membutuhkan. Hal ini jauh lebih baik daripada membiarkan rumah kosong dan rusak karena pengaruh alam atau lingkungan sekitar.

Mendapatkan calon penyewa memang tidak semudah membalikkan telapak tangan. Tapi, Anda bisa menerapkan tips-tips berikut agar rumah tersebut cepat laku disewa orang seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Pastikan Rumah Layak Huni atau Disewakan

Rumah rentan terhadap kerusakan, apalagi kalau rumah dibiarkan kosong selama bertahun-tahun. Sebelum disewakan kepada orang lain, coba pastikan kelayakan rumah terlebih dahulu.

Apabila bagian tertentu mengalami kerusakan, maka segera perbaiki agar rumah tampak bagus, baik dari luar maupun dari dalam serta layak huni. Sehingga orang tertarik untuk menyewa rumah Anda.

Anggaplah rumah sewaan seperti rumah sendiri. Rawat rumah dengan baik. Jika perlu, tambahkan taman atau kolam berenang jika memang memungkinkan agar orang lain betah menyewa rumah Anda.

Pembangunan fasilitas tambahan membutuhkan biaya yang lumayan besar. Tapi Anda bisa membebankan biaya ini kepada penyewa melalui uang sewa bulanan atau tahunan. Percayalah, uang tersebut akan balik modal setelah beberapa waktu kemudian.

2. Pastikan Lokasinya Memang Strategis

Lokasi menjadi bahan pertimbangan orang saat menyewa rumah. Akan lebih baik jika rumah Anda terletak di lokasi strategis, seperti dekat dengan pusat perbelanjaan, rumah sakit, kampus, perkantoran atau tempat makan.

Selain memudahkan penyewa saat beraktivitas, lokasi strategis dapat meningkatkan harga sewa rumah. Apabila lokasi rumah berada di dalam gang, pastikan gangnya tidak terlalu kecil agar kendaraan mudah keluar masuk.

Baca Juga: Tips Capai Target Punya Rumah Saat Masih ‘Single’

3. Tentukan Target Penyewa

Mengetahui target penyewa juga penting. Sebab, Anda bisa menentukan apa saja fasilitas yang harus disediakan untuk memenuhi kebutuhan calon penyewa.

Sebagai contoh, bila target penyewa itu para pekerja kantoran lajang atau orang yang sudah berkeluarga tentunya berbeda berbagai perlengkapan yang ada di rumah sewaan Anda. Jika target Anda mereka yang sudah berkeluarga, tentu ketersediaan ruang yang lebih besar juga harus disiapkan.

Halaman:



Close Ads X