Biaya Bangun Rumah Mahal? Ini Cara Hemat Bangun Rumah Idaman

Kompas.com - 23/03/2019, 11:05 WIB
Ilustrasi rumah Wentao LiIlustrasi rumah

KOMPAS.com - Rumah merupakan bagian dari kebutuhan pokok masyarakat saat ini. Siapa sih yang tidak ingin memiliki rumah sendiri? Tentu semua orang pasti ingin memiliki rumah sendiri yang nyaman dan aman untuk keluarga.

Sayangnya, biaya bangun rumah yang lumayan tinggi membuat banyak orang belum sanggup melakukannya. Apalagi di saat bersamaan kebutuhan sehari-hari tetap harus dipenuhi.

Mempunyai rumah sendiri memang menjadi impian semua orang. Karena tempat tinggal merupakan kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Dengan adanya tempat tinggal, Anda dapat beristirahat dengan nyaman setelah seharian beraktivitas di luar.

Membangun rumah memang tidak semudah yang dibayangkan dan biaya yang dibutuhkan pun tidak murah. Anda harus menyiapkan budget khusus untuk mewujudkan mimpi memiliki rumah idaman.

Untuk membangun rumah impian, Anda bisa mulai menghitung kemampuan keuangan pribadi yang disesuaikan dengan jenis rumah yang ingin dibangun. Jika dana yang Anda miliki terbatas, Anda tidak perlu membangun rumah yang mewah dan megah. Anda bisa memilih rumah bergaya minimalis untuk jadi rumah idaman.

Nah, kalau Anda tahu strategi untuk menekan biaya bangun rumah, Anda bisa menghemat banyak rupiah. Untuk Anda yang masih ragu dengan permasalahan biaya bangun rumah per meter, simak cara hemat bangun rumah di bawah ini sebagaimana dikutip dari Tunaikita.com.

1. Buat anggaran kebutuhan bahan secara rinci

Anda bisa merencanakan pembangunan rumah secara jelas dan detail, agar Anda dapat mengetahui dengan jelas dana yang Anda keluarkan dihabiskan untuk apa saja. Jika Anda sudah mengetahui ukuran bangunan, bentuk rumah, dan target waktu pembangunan.

Mulai untuk membuat anggaran secara rinci. Karena anggaran kebutuhan ini akan menjadi acuan tiap kali akan membayar segala kebutuhan pembangunan nantinya.

2. Gunakan desain rumah minimalis

Seperti yang sudah dibahas di atas. Anda tidak perlu bangun rumah mewah dan megah jika dana yang Anda miliki tidak terlalu banyak. Anda bisa menyiasatinya dengan membangun rumah dengan gaya minimalis. Selain gaya rumah minimalis sedang tren sekarang ini, rumah minimalis juga mempunyai banyak kelebihan. Salah satu ciri konsep rumah minimalis adalah membuat sebuah ruangan menjadi multifungsi. Contohnya, anda bisa memanfaatkan ruang dapur sekaligus menjadi ruang makan.

Tanpa banyak ruangan, konsep gaya minimalis ini tentu menekan jumlah serta biaya penggunaan bahan bangunan. Selain itu, yang tidak memakai jasa arsitek tidak perlu khawatir, Anda bisa mencontek banyak desain rumah minimalis melalui internet.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
komentar di artikel lainnya
Close Ads X