Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Era Disrupsi, BNI Syariah Siapkan Digitalisasi Ekosistem Halal

Kompas.com - 23/03/2019, 21:12 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - BNI Syariah mempersiapkan sejumlah strategi untuk menghadapi era disrupsi yang berpotensi mengganggu bisnis. Salah satunya dengan mengoptimalkan pengembangan layanan digital.

Sebab, disrupsi bukan hanya mengubah cara berbisnis, tapi juga fundamental bisnis. Bagi perbankan, salah satu disrupsi ditunjukkan dengan mulai bermunculan perusahaan keuangan digital atau fintech yang perlahan menggerus fungsi bank.

“Dengan dukungan teknologi dan jaringan BNI Incorporated, BNI Syariah siap memberikan layanan yang terbaik,” ujar Direktur Keuangan dan Operasional BNI Syariah, Wahyu Avianto dalam keterangan tertulis, Sabtu (23/3/2019).

Wahyu mengatakan, pengembangan digital BNI Syariah terus bertransformasi dan mengedepankan kemudahan bagi masyarakat. Salah satunya dengan pengembangan digital untuk ekosistem halal tahun ini.

"Digitalisasi halal ekosistem dilakukan dengan beberapa langkah strategi," kata Wahyu.

Selain itu, BNI Syariah juga terus melakukan adaptasi dan kolaborasi. Bank juga melakukan transformasi baik dari sisi SDM maupun infrastruktur baik perangkat lunak dan perangkat keras.

BNI Syariah juga tergabung sebagai anggota Asosiasi Fintech Syariah Indonesia (AFSI) sekaligus mendukung kebutuhan penggunaan fitur-fitur pembayaran bank yang digunakan oleh para startup atau fintech untuk mendukung pengembangan ekosistem halal syariah.

Dengan strategi tersebut, diharapkan bank bisa mengantisipasi risiko disrupsi yang berpotensi menyebabkan kemunduran bisnis.

"BNI Syariah juga terus meningkatkan kualitas layanan seperti himbauan shalat tepat waktu di seluruh kantor cabang BNI Syariah dan menghapuskan sistem denda," kata Wahyu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com