Dapat Hasil Buruk Saat Evaluasi Kerja? Coba Lakukan Hal Ini

Kompas.com - 25/03/2019, 07:54 WIB
Ilustrasi karierSHUTTERSTOCK Ilustrasi karier

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat mendapatkan penilaian pekerjaan, bahkan memperoleh hasil yang positif pun kadang membuat tidak nyaman. Apalagi ketika ternyata hasil penilaian tak sesuai ekspektasi bahkan cenderung buruk. Situasinya menjadi tambah lebih tidak nyaman lagi.

Namun, jangan bereaksi dengan impulsif dan emosional, defensif atau mencoba untuk melawan berbagai argumen dalam penilaian tersebut.

"Apa yang ingin Anda lakukan justru akan memperburuknya," ujar seorang coach karier Marie McIntyre dan penulis buku "Secrets to Winning at Office Politics", seperti dikutip dari CNN, Senin (25/3/2019).

"Hal-hal yang akan membuatnya lebih baik, bukanlah sesuatu yang akan Anda sukai," lanjut dia.

Baca juga: Agar Peluang Karier Terbuka, Jangan Lakukan Ini saat Masih Kuliah

Namun sebut dia, cara Anda dalam mengendalikan diri selama mendapatkan penilaian kerja yang negatif bisa memberikan dampak besar untuk memperbaiki karier.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda ketika harus dihadapkan pada situasi tersebut:

1. Berhenti sejenak

Lawan perasaan untuk melakukan hal-hal kontroversial saat mendapatkan penilaian buruk.

"Jika Anda menjadi negatif dan emosional serta defensif, hal tersebut akan membuat penilaian Anda menjadi lebih sulit untuk diatasi," ujar Kate O'Sullivan, coach karier lainnya.

Meskipun lebih mudah dikatakan daripada dilakukan, berusaha untuk bersikap tenang dan menerima umpan balik merupakan hal yang lebih bijak dibandingkan menjadi emosional.

"Kamu bisa memberi dirimu waktu untuk memikirkan apa yang dikatakan, tapi jangan panik di depan umum," ujar dia.

Selain itu, berdebat juga tidak akan membawa Anda ke manapun.

"Pada saat Anda mendapatkan ulasan atau peringatan buruk dari tempat kerja, artinya hasil penilaian tersebut adalah hasil dari berbagai kesepakatan," jelas MCIntyre.

Halaman:



Close Ads X