KILAS

Kementan dan Pemkab Bandung Barat Salurkan 1000 Traktor

Kompas.com - 25/03/2019, 08:15 WIB
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengecek kondisi 1000 traktor yang akan diserahkan ke petani di Bandung Barat.Dok. Humas Kementerian Pertanian RI Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengecek kondisi 1000 traktor yang akan diserahkan ke petani di Bandung Barat.


KOMPAS.com
- Kementerian Pertanian ( Kementan) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung Barat (KBB) menyalurkan bantuan alat mesin pertanian (alsintan) kepada para petani di sana.

Adapun bantuan alsintan yang disalurkan berupa 1.000 traktor, pompa air, 200.000 bibit tanaman, dan 200.000 ayam kampung.

Bantuan itu diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman dan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. 

Mentan Amran menyebutkan, bantuan traktor, bibit benih kopi, dan ayam, semata-mata untuk menstimulan petani lebih produktif lagi.

Produktifnya petani, lanjut Mentan, sudah terlihat dalam 4 tahun terakhir ini dari peningkatan produk domestik bruto (PDB) hingga Rp 460 triliun dengan nilaI ekspor naik 29 persen atau Rp 1,3 triliun.

Mentan menambahkan, pada periode yang sama bantuan pertanian yang digelontorkan untuk para petani di Jawa Barat mencapai Rp 30 triliun. Selain dari Kementan, kata dia, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi juga turut memberikan bantuan.

"Tahun 2015 kami ingat, dulu bantuan kurang lebih hanya Rp 1 triliun. Kami angkat menjadi Rp 2 triliun. Kemudian alat mesin pertanian, sampai dengan hari ini di seluruh Jawa Barat ini totalnya kurang lebih 26.185 unit, totalnya Rp 500 miliar," ucapnya.

Bupati Aa Umbara mengatakan, wilayah Bandung Barat merupakan salah satu kawasan pertanian sehingga pemerintah daerah harus men-support.  Sedangkan bantuan dari Kementan itu, dapat membuat petani di KBB lebih maju dan sejahtera. 

"Saya berharap dengan disalurkannya ribuan traktor dan alat-alat pertanian lainnya ini dapat menambah kesejahteraan dan kemajuan para petani di Bandung Barat. Ini juga sebagai bentuk komitmen dan janji yang saya tepati untuk memberikan traktor dan alat-alat pendukung pertanian kepada petani," ucapnya.

Di sisi lain, dirinya merasa bangga karena banyak petani dari KBB yang sudah berhasil. Bukan hanya dalam meningkatkan kesejahteraan ekonomi, tapi juga membuka lapangan kerja bagi orang lain.

Dengan demikian, kata Bupati, secara tidak langsung mereka ikut membantu pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran.

Kebanggaan Bupati Aa makin membuncah setalah ada petani asal Lembang yang telah mendapatkan penghargaan dari Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO).

Generasi milenial jangan minder

Keberhasilan dan pencapaian petani tersebut kemudian menjadi alasan bagi Umbara untuk mengingatkan generasi muda agar tidak malu atau minder dalam menekui bidang pertanian. 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X