Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menurut Bill Gates, Lakukan Trik Ini agar Sukses Sejak Muda

Kompas.com - 25/03/2019, 14:17 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Pendiri Microsoft dan miliarder Bill Gates membagikan trik kepada publik khususnya milenial jika ingin sukses di usia muda sepertinya.

Gates menyarankan untuk memperdalam hobi obsesif, yang ditekuni sejak masa remaja.

"Hal yang Anda lakukan secara obsesif antara usia 13-18 tahun adalah kunci untuk menjadi sukses kelas dunia," kata Gates seperti dilansir dari CNBC, Senin (25/3/2019).

Trik ini juga dibagikan Gates kepada mahasiswa Harvard dalam sesi tanya jawab di kelasnya tahun lalu. Lantas, mengapa Gates menyarankan demikian?

Baca juga: Bill Gates dan Jeff Bezos Masuk Klub Eksklusif 100 Miliar Dollar AS

Kekayaan Gates ternyata berasal dari obsesinya pada masa remaja, yakni membuat perangkat lunak. Hobi itu berjalan dengan cukup baik karena Gates kemudian ikut mendirikan Microsoft dan menjadi jutawan di usia 20 tahun.

"Saya hanya punya satu hal yang ingin saya lakukan secara obsesif mulai usia 13 hingga 18, yaitu mencoba menulis perangkat lunak yang baik," ucap Gates.

Gates, yang terobsesi dengan perangkat lunak sejak usia sangat muda mulai terkenal membuat perangkat lunak saat menjadi mahasiswa di Lakeside School di Seattle. Kemudian dia bertemu sesama pendiri Microsoft Paul Allen.

Baca juga: 17 Fakta di Balik Kesuksesan Bill Gates

Program perangkat lunak pertama yang pernah dibuat Gates adalah versi digital dari game tic-tac-toe yang dapat dimainkan melawan komputer.

Meskipun Gates menunjukkan keterampilannya untuk pengkodean, dia tetap belajar banyak hal sehingga dia mencapai titik di mana dia adalah salah satu yang terbaik.

"Saya pikir saya benar-benar baik. Tapi setelah saya bekerja dengan beberapa orang dalam proyek menulis perangkat lunak, orang-orang itu bahkan lebih unggul," kata Gates.

Baca juga: Bill Gates, Elon Musk, dan Mark Cuban Hentikan 3 Kebiasaan Ini Sebelum Mereka Sukses

Namun, hal itu tidak menyurutkan semangatnya. Ia bahkan menggunakan momen tersebut untuk membandingkan kodenya dengan orang lain dan mempelajari lebih lanjut.

Gates mengungkapkan, dirinya kerap sendirian dalam menciptakan perangkat lunak untuk mengukur seberapa tangguh dirinya sehingga dia mampu menjadi pembuat kode kelas dunia.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com