Apkasindo Susun Strategi Advokasi Petani Kelapa Sawit

Kompas.com - 25/03/2019, 21:20 WIB
Ilustrasi kelapa sawit AFP PHOTO / ADEK BERRYIlustrasi kelapa sawit

JAKARTA, KOMPAS.com - Asosiasi Petani Kelapa Sawit Indonesia (Apkasindo) menyusun sejumlah langkah untuk mendukung petani kelapa sawit dan industri kelapa sawit secara umum. Hal ini disampaikan oleh Ketua Umum Apkasindo periode 2019-2024 Gulat Manurung.

Gulat menyampaikan tiga poin penting saat didapuk menyampaikan visi dan misinya. Pertama, Ia akan langsung melakukan konsolidasi kepada 22 DPW Apkasindo se-Indonesia.

Kedua, menginisiasi peningkatan sumber daya manusia (SDM) semua Ketua DPW/DPD dan pengurus Apkasindo untuk mengikuti pelatihan menjadi Auditor Indonesian Sustainable Palm Oil (ISPO).

Baca juga: CPO Didiskriminasi, Pengusaha RI Siap Gugat Uni Eropa

"Karena ini sangat penting untuk mendampingi Petani Sawit menunuju Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan," ujar Gulat dalam keterangan resminya, Senin (25/3/2019).

Ketiga, segera menyusun langkah-langkah strategis untuk mengadvokasi para petani kelapa sawit. Ini khususnya terkait harga tandan buah segar (TBS) dan persoalan lahan petani yang terjebak di dalam kawasan hutan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina DPP Apkasindo Bayu Krisnamurthi menjelaskan, tidak mudah menjadi Ketua Umum Apkasindo. Sebab, tugas berat sudah di depan mata, yakni memastikan kesejahteraan petani kelapa sawit.

Baca juga: Lawan Diskriminasi CPO, Pemerintah Ajak Pebisnis Gugat Uni Eropa

"Apalagi pemerintah Indonesia sangat membutuhkan Apkasindo untuk bersama-sama dengan organisasi kelapa sawit lainnya melawan RED II Eropa yang baru-baru ini sudah diembuskan oleh Uni Eropa," terang Bayu.

Gulat terpilih aklamasi dalam sidang paripurna Pemilihan Ketua Umum Apkasindo yang dipimpin oleh Ketua DPP Bidang Advokasi dan Hubungan Antar Lembaga DPP Apkasindo, Kasriwandi, Rino Afrino sebagai sekretaris dan Paiki Dorteus, Sunyoto dan A Jaafar sebagai anggota.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X