KILAS

Di Jambi, Kementan Salurkan Bantuan untuk Petani Karet

Kompas.com - 26/03/2019, 14:55 WIB
Kementerian Pertanian (Kementan) serahkan bantuan kepada para petani karet di Kabupaten Sarolangun, Jambi.Dok. Kementan Kementerian Pertanian (Kementan) serahkan bantuan kepada para petani karet di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

KOMPAS.com - Kementerian Pertanian ( Kementan) menyerahkan bantuan Rp 11,96 miliar secara simbolik kepada para petani karet di Kabupaten Sarolangun, Jambi.

Bantuan tersebut diserahkan langsung oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Perkebunan Kasdi Subagyono dan Inspektur Jenderal (Irjen) Kementan Justan Riduan Siahaan saat bersama  Anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan kunjungan kerja ke sana, Senin (25/3/2019).

Dalam rilis Kementan yang Kompas.com terima, dijelaskan bahwa bantuan tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) sektor pertanian untuk Kabupaten Sorolangun tahun 2019.

Selain bantuan berupa materi, Kementan juga menyerahkan bantuan berupa alat mesin pertanian ( alsintan) yang menjadi kebutuhan pra dan pasca panen, serta bantuan peremajaan serta intensifikasi pemeliharaan tanaman karet.

Adapun alsintan pra panen yang diserahkan berupa 10 unit traktor roda dua, 5 unit cultivator, 6 unit pompa air ukuran enam inci, dan 50 unit electric handsprayer. Sedangkan untuk alsintan pasca panen, Kementan menyerahkan lima unit power tresher.

Terkait bantuan peremajaan dan pemeliharaan karet, Kementan memberikannya kepada perkebunan karet di Desa Gunung dan Desa Perdamaian di Sorolangun dengan rincian sebagai berikut. 

Untuk di Desa Gunung, Kementan memberikan bantuan berupa benih karet, pupuk, pestisida, dan herbisida buat peremajaan karet rakyat di lahan seluas 350 hektar (ha) milik petani

Sedangkan di Desa Perdamaian, Kementan memberikan bantuan pemeliharaan karet rakyat berupa pupuk untuk lahan seluas 600 ha milik petani.

Kasdi mengatakan, bantuan peremajaan dan intensifikasi karet tersebut merupakan upaya pemerintah untuk meningkatkan produktivitas petani.

Pada gilirannya, lanjut Kasdi, bantuan itu akan meningkatkan kesejahteraan petani karet di Sarolangun. Peremajaan atau replanting tersebut menurutnya adalah upaya jangka panjang untuk meningkatkan pendapatan petani.

Bupati Sarolangun, Cek Endra yang turut hadir saat itu menyambut baik bantuan dari Kementan dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

Ia menuturkan bantuan yang diberikan sangat sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakatnya.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X