Catat, Ini 4 Pekerjaan bagi Pensiunan untuk Raup Penghasilan Tambahan

Kompas.com - 26/03/2019, 15:00 WIB
IlustrasiTHINKSTOCK Ilustrasi

KOMPAS.com - Apakah Anda baru saja atau akan memasuki masa purnabakti alias pensiun? Dengan tahapan baru dalam kehidupan ini, tak bisa dipungkiri penghasilan Anda tidak akan sebanyak kala masih bekerja.

Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, menjadi pensiunan bukan berarti Anda tak bisa kembali bekerja.

Ada banyak pekerjaan yang bisa Anda lakukan sebagai pensiunan untuk tetap aktif, berkarya, sekaligus memperoleh penghasilan tambahan. Dikutip dari Reader's Digest, Selasa (26/3/2019), berikut ini adalah 4 alternatif pekerjaan yang bisa dilakukan oleh Anda para pensiunan.

1. Wirausaha

Ilustrasi Getty Images/iStockphoto/LightFieldStudios Ilustrasi

Apabila Anda selalu bermimpi memiliki usaha sendiri, maka masa purnabakti bisa menjadi kesempatan sempurna untuk mewujudkan impian tersebut. Ada banyak usaha yang bisa Anda geluti, sebut saja kuliner hingga jasa yang bisa Anda lakukan.

Anda tak perlu takut, sebab banyak sekali pensiunan yang mendirikan usahanya sendiri dan kemudian malah meraih kesuksesan.

 

2. Pengajar

Guru matematika.Shutterstock Guru matematika.

Apabila Anda merupakan ahli di bidang pekerjaan dengan gelar akademik yang mumpuni dan pengalaman selama bertahun-tahun, mengapa tidak mengaplikasikan ilmu dan pengalaman Anda dengan mengajar? Anda bisa menjadi dosen saat pensiun.

Tidak ada yang lebih baik dari membagikan ilmu yang Anda miliki kepada generasi berikutnya. Selain ilmu dan pengalaman, keahlian Anda pun bisa dibagikan kepada mereka.

 

3. Konsultan

IlustrasiGetty Images/iStockphoto/Vasyl Dolmatov Ilustrasi

Keahlian dan jejaring yang Anda bangun selama bertahun-tahun dapat membantu Anda menjadi konsultan paruh waktu. Anda bisa kembali ke perusahaan lama Anda atau menjadi pekerja paruh waktu dengan klien-klien baru yang bisa memanfaatkan keahlian Anda.

Dengan karier baru sebagai konsultan saat pensiun, bisa jadi pengalaman dan keahlian Anda lebih menjual dibandingkan ketika bekerja sebagai pegawai tetap.

 

4. Pengemudi taksi online

Ilustrasi taksi online Ilustrasi taksi online

Apabila Anda memiliki mobil dan tak keberatan bekerja di 'jalanan' dan kerap terjebak kemacetan, maka pengemudi taksi online bisa menjadi pekerjaan Anda setelah pensiun. Di Indonesia, Anda bisa menjadi pengemudi Go-Car atau Grab Car.

Tergantung pada jam kerja dan berapa kali perjalanan yang Anda layani, pekerjaan sebagai pengemudi taksi online sebenarnya bisa memberikan penghasilan tambahan yang cukup menarik.

 




Close Ads X