Kompas.com - 26/03/2019, 15:27 WIB

SINGAPURA, KOMPAS.com - Sebagian besar pekerja di Singapura mengalami stres. Hal ini berdasarkan sebuah survei yang dirilis baru-baru ini.

Dikutip dari Business Insider, Selasa (26/3/2019), dalam survei yang digelar Cigna bertajuk 2019 Cigna 360 Well-Being Survey, sebanyak 92 persen pekerja Singapura dilaporkan mengalami stres. Angka ini lebih tinggi dari rata-rata global sebesar 84 persen.

Dari angka tersebut, sebanyak 13 persen responden mengaku kondisi stres mereka tidak bisa dikelola. Survei tersebut dilakukan secara global dengan melakukan 13.200 wawancara secata online di 23 negara, termasuk 502 orang responden di Singapura.

Baca juga: 4 Penyebab Kaum Milenial Stres, Keuangan Jadi Sumber Utama

Stres tersebut pun dapat terdeteksi dengan mudah di lingkungan kerja. Survei tersebut menemukan bahwa 55 persen responden di Singapura mengetahui rekan kerja mereka mengalami stres.

Laporan Cigna menyebut bahwa para pekerja menyembunyikan stres mereka atau merasa tak nyaman membicarakannya. Meski demikian, mengetahui stres yang dialami rekan kerja membuat para responden lebih mengetahui kondisi diri mereka sendiri.

Baca juga: Kenali Alarm Stres dalam Bekerja yang Berbahaya

Sebanyak 30 persen responden mengaku lebih sadar dalam mengelola stres mereka ketika melihat rekan kerja mengalami stres.

Selain itu, 90 persen responden setuju bahwa stres memberikan dampak serius di tempat kerja. Beberapa dampak yang mengkhawatirkan adalah menurunnya moral dan bahkan pengunduran diri.

Lalu, bagaimana dengan Anda pekerja Indonesia? Apakah Anda juga mengalami stres di tempat kerja?

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.