BCA Hadirkan Program Akselerator dan Wadah Startup Fintech

Kompas.com - 27/03/2019, 18:39 WIB
Presiden Direktur PT. Bank Centeral Asia (BCA) Tbk, Jahja Setiaatmadja (kedua kanan) meluncuran Synergy sebagai program akselerator dan wadah kolaborasi komunitas startup financial technology (fintech) di Jakarta, Rabu (27/3/2019).KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Presiden Direktur PT. Bank Centeral Asia (BCA) Tbk, Jahja Setiaatmadja (kedua kanan) meluncuran Synergy sebagai program akselerator dan wadah kolaborasi komunitas startup financial technology (fintech) di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bank Centeral Asia Tbk meluncurkan SYNRGY sebagai program akselerator dan wadah kolaborasi komunitas perusahaan rintisan ( startup) teknologi keuangan alias financial technology ( fintech) di Indonesia.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja mengatakan, SYNRGY merupakan wadah bagi pelaku startup fintech untuk membantu pertumbuhan ekosistem di Tanah Air. BCA sebagai perbankan ingin merambah ranah digital, apalagi transformasi digital dan revolusi makin masif diterapkan oleh banyak perusahaan.

"Pertumbuhan internet di Indonesia semakin bertambah secara signifikan setiap waktu. Hal ini menunjukkan Indonesia tengah menikmati gelit digitalisasi. Sehingga muncullah banyak platform yang terangkai dengan bidang-bidang startup," kata Jahja dalam peluncuran SYNRGY di Jakarta, Rabu (27/3/2019).

Baca juga: Revolusi Senyap Industri Fintech Indonesia

Jahja menuturkan, berdasarkan data Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), pada Oktober 2018 lalu jumlah startup di Indonesia bertambah setiap tahunnya, baik melalui skema Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PPBT) dan Calon Pemula Berbasis Teknologi (CPPBT). Dari 52 startup dan calon startup pada 2015 lalu, kini sudah ada 956 startup pada 2018.

Bahkan, diperkirakan dan diprediksi akan terus bertambah lebih dari 1.000 startup tahun ini.

"Laju positif startup di Indonesia menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, dan terdiri dari segmen kreatif dalam rangka menjawab kebutuhan masyarakat zaman now. Latar belakang inilah yang mendorong kami untuk turut mendukung pertumbuhan startup di Indonesia dengan satu wadah bernama SYNRGY," tuturnya.

Baca juga: Agar Startup Dilirik Perusahaan Modal Ventura, Ini Syaratnya

Menurut Jahja, SYNRGY juga merupakan sebuah innovation hub dengan program terbaik yang disiapkan untuk membantu startup mengembangkan bisnisnya lebih cepat dan baik.

" Startup berkesempatan untuk berkembang dengan SYNRGY dan mendaparkan akses ke program-program tersebut. Salah satunya adalah program akselerator yang akan dijalankan Digitaraya dengan dukungan dari Google Developers Launchpad," terangnya.

Program akselarator akan dijalanka selama tiga bulan dan setiap bulannya akan ada boot camp rutin untuk mendukung produk dan pengembangan bisnis startup. SYNRGY juga akan menghubungkan startup dengan mentor-mentor kompeten termasuk Google.

Baca juga: Merintis Startup, Ini yang Harus Diperhatikan

Selain itu, SYNRGY membuka akses dan menghubungkan mereka dengan para investor serta menghubungkan startup dengan BCA.

"Sebagai intitusi yang mengandalkan digitalisasi perbankan, BCA kian terbukan menjalin hubungan kerja sama dengan startup di Indonesia untuk menjadi penggerak ekonomi digital," ungkap Jahja.




Close Ads X