Begini Cara Membuat Catatan Perpisahan Saat “Resign” dari Pekerjaan

Kompas.com - 27/03/2019, 22:38 WIB
Ilustrasi mengundurkan diri. ShutterstockIlustrasi mengundurkan diri.

KOMPAS.com - Setelah Anda menerima pekerjaan baru dan telah mengajukan surat pengunduran diri ke perusahaan, ada baiknya Anda meninggalkan catatan perpisahan kepada rekan kerja.

Buatlah catatan perpisahan tersebut dengan bagus. Sebab, catatan itu mungkin menjadi kesan terakhir Anda di perusahaan tersebut.

“Orang-orang yang bekerja dengan Anda adalah koneksi masa depan Anda," kata Patricia Rossi, penulis Everyday Etiquette seperti dikutip dari CNN, Rabu (27/3/2019).

Menurut Rossi ada baiknya Anda menuliskan catatan perpisahan tersebut dengan ucapan terima kasih yang singkat dan tulus.

“Kuncinya adalah singkat dan bersyukur," kata Rossi.

"Kamu ingin menghormati di mana kamu berada," tambah dia.

Baca juga: Catat, Ini 4 Pekerjaan bagi Pensiunan untuk Raup Penghasilan Tambahan

Ada baiknya, Anda menyertakan kenangan manis dan beberapa hal yang menyenangkan yang pernah terjadi di perusahaan tersebut. Namun, Anda tak perlu menuliskannya secara detil.

"Tidak ada yang mau atau punya waktu untuk membaca kesungguhan Anda tentang betapa hebatnya waktu Anda," kata Mary Abbajay, presiden firma konsultan manajemen bisnis Careerstone Group.

1. Pertahankan kontak profesional

Jika Anda mampu, berikan sedikit petunjuk tentang langkah Anda selanjutnya untuk menghindari gosip atau spekulasi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X