Pemerintah Naikkan Harga Patokan Ekspor Beberapa Produk Tambang

Kompas.com - 28/03/2019, 08:12 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Akibat fluktuasi perekonomian global, pemerintah menaikkan Harga Patokan Ekspor (HPE) beberapa produk pertambangan yang dikenakan Bea Keluar (BK) pada April 2019.

Ketentuan ini ditetapkan dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 27 Tahun 2019 pada 25 Maret 2019.

“Kenaikan HPE produk pertambangan disebabkan adanya fluktuasi harga internasional," kata Direktur Jenderal Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan, Rabu (27/3/2019).

Menurut Oke, HPE periode April 2019 ini ditetapkan setelah memperhatikan berbagai masukan tertulis dan koordinasi dari berbagai instansi terkait.

Produk yang mengalami kenaikan yaitu konsentrat tembaga naik 3,87 persen, konsentrat mangan naik 4,43 persen, konsentrat timbal naik 1,04 persen, konsentrat seng naik 4,38 persen, konsentrat ilmenite naik 2,19 persen, nikel naik 6,21 persen, dan bauksit naik sebesar 0,46 persen. Di luar itu, konsentrat pasir besi tidak mengalami perubahan.

Perhitungan harga dasar HPE untuk komoditas konsentrat besi, konsentrat besi laterit, konsentrat pasir besi, konsentrat mangan, konsentrat ilmenit, dan konsentrat rutil bersumber dari Asian Metal.

Sedangkan konsentrat tembaga, pellet konsentrat pasir besi, konsentrat timbal, konsentrat seng, nikel, dan bauksit bersumber dari London Metal Exchange (LME).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.