Survei: Wanita Cenderung Serahkan Keputusan Finansial pada Pasangan

Kompas.com - 28/03/2019, 13:25 WIB
Ilustrasi pasangan bahagiaDragonImages Ilustrasi pasangan bahagia

NEW YORK, KOMPAS.com - Ketika berbicara tentang mengelola uang, kita mungkin membuat kesalahan finansial yang krusial. Sebuah survei menyebut bahwa sebenarnya wanita kurang aktif dalam pengambilan keputusan keuangan.

Menurut studi dari UBS Global Wealth Managenent, 58 persen wanita tidak berperan aktif dalam pengambilan keputusan keuangan. Wanita cenderung menyerahkannya kepada pasangannya.

Dilansir dari CNBC, Kamis (28/3/2019), dari angka 58 persen tersebut, 56 persen wanita berumur 20-34 tahun cenderung tunduk dengan keputusan yang diambil pasangannya maupun orang lain secara signifikan. Sementara itu, 54 persen wanita berusia 51 tahun ke atas mengatakan mereka menyerahkan keputusan uang kepada pasangan mereka.

Baca juga: Kuncil Mengelola Keuangan yang Sehat Bersama Pasangan

Kebiasaan buruk ini dapat menempatkan wanita dalam risiko finansial, terutama jika mereka bercerai atau pasangan mereka meninggal.

Di sisi lain, penelitian UBS menemukan, ketika wanita tidak menyerahkan keputusan keuangan kepada pasangannya dan lebih memilih mengatur keuangan bersama pasangan, prospeknya membaik.

Bahkan, studi tersebut juga mencatat wanita yang mengatur keuangan bersama lebih percaya diri dengan masa depan keuangan keluarga, lebih bisa menghemat uang, dan tidak stres.

Oleh karena itu, para pakar keuangan menyarankan untuk memulai percakapan ringan tentang keuangan dalam rumah tangga dimulai dari percakapan sederhana oleh pasangan.




Close Ads X