Pulau Labengki Setelah Internet Terkoneksi

Kompas.com - 28/03/2019, 19:43 WIB
Pantai Pasir Panjang yang jernih dan teduh karena barisan pohon kelapa di Labengki KOMPAS.com/WISNU NUGROHOPantai Pasir Panjang yang jernih dan teduh karena barisan pohon kelapa di Labengki

LABENGKI, KOMPAS.com – Apa yang Anda lakukan ketika berwisata dan mendapati keindahan alam yang memukau? Kebanyakan dari wisawatan akan memfoto, membuat video dan kemudian membagikannya kepada teman-teman di media sosial.

Karena itu, keandalan jaringan internet di tempat-tempat wisata menjadi prasyarat yang harus dimiliki untuk pengembangan kawasan wisata. Koneksi internet yang andal menjadi tuntutan wisatawan, khususnya di era semua orang terhubung karena media sosial.

Menyadari hal ini, Telkomsel terpanggil untuk berkontribusi bagi pengembangan ekonomi pariwisata di Pulau Labengki yang ada di Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara. Di pulau yang indah dan belum banyak terjamah ini, Telkomsel hadir dengan layanan internet 4G yang bisa diandalkan.

“Ini bagian dari komitmen Telkomsel, membangun jaringan di daerah-daerah yang secara bisnis Telkomsel tidak menguntungkan. Kami berharap, ini akan menjadi trigger ekonomi khususnya pariwisata di Labengki dan membawa keuntungan pada akhirnya,” ujar Presiden Direktur Telkomsel Ririek Ardiansyah di Lebangki, Kamis (28/3/2019).

Baca juga: Palapa Ring Rampung, Tak Semua Titik Bisa Akses Internet Berkecepatan Tinggi

Apa yang disebut Ririek sebagai komitmen itu diwujudkan dengan pembangunan BTS (Base Transciever Station) yang diberi nama BTS Merah Putih di Pulau Labengki Kecil.

Pembangunan BTS Merah Putih ini merupakan bagian dari CSR (Corporate Social Responsibility) Telkomsel bersama Sepakat (Serikat Pekerja Telkomesel). Tower kecil yang sudah berdiri dan dinikmati layanannya akan digantikan tower (BTS) yang lebih besar dengan jangkauan lebih baik lagi.

Speed internet di Labengki tidak akan kalah dari Jakarta. Tidak hanya untuk telepon, tetapi juga internet guna menunjang ekonomi wisata di kawasan ini,” ujar Ririek.

Kawasan wisata di Pulau LabengkiKOMPAS.com/WISNU NUGROHO Kawasan wisata di Pulau Labengki

Hadir di bawah kasur

Hadirnya jaringan internet 4G dari Telkomsel disambut gembira oleh warga yang sebagian ekonominya tergantung dari pariwisata. Kepala Desa Labengki Djamaluddin mewakili warga menyampaikan sambutan dan terima kasih.

“Sejak definitif sebagai desa di akhir 2008, kami mencari-cari jaringan dan tidak menemukan. Hari ini, dengan hadirnya Telkomsel, di tempat tidur, di bawah kasur kami bertemu jaringan. Desa-desa tetangga ikut merasakan. Sangat membahagiakan,” ujar Djamaluddin.

Saat Ririek dan rombongan dari Telkomsel datang, seluruh warga desa keluar rumah. Mereka mulai menyambut sejak kapal yang ditumpangi Ririek sandar. Anak-anak berlarian dengan wajah-wajah penuh kegembiraan mengiringi langkah yang disertai tetabuhan.

Saat datang ke Labengki, Ririek juga meletakkan batu pertama pembangunan Digital Center dan Rumah Baca Program Baktiku Negeriku yang merupakan bagian dari CSR Telkomsel. Setelah itu, Ririek meninjau bukit tempat BTS yang lebih besar akan dibangun dan tinggal tahap akhir penyelesaian.

Kejernihan laut di sekitar Pulau Labengki membuat pemandangan dasar laut terlihat jelasKOMPAS.com/WISNU NUGROHO Kejernihan laut di sekitar Pulau Labengki membuat pemandangan dasar laut terlihat jelas
Kepada anak-anak Labangki, Telkomsel juga memberikan bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah. Maris (9) yang rambutnya merah terbakar karena kerap berenang, tersenyum lebar menerima bantuan ini. “Senang bisa lebih mudah belajar dan akan ada rumah baca di sini,” ujarnya.

Sebelum dan setelah acara, gugus-gugus pulau di sekitar Labengki kami jelajahi dan mendapati keindahan yang membuat kami terkesima lantaran belum banyak terekspos. Jaringan internet yang andal akan mempopulerkan kawasan ini sebagai tujuan wisata alam.

Saya pun mengunggah beberapa di Instagram tanpa keluhan jaringan. Komentar banyak datang dan muncul keinginan mereka untuk datang.

 

 

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X