Studi: Rata-Rata Biaya Pernikahan di Singapura Hampir Rp 800 Juta

Kompas.com - 29/03/2019, 08:25 WIB
Ilustrasi pernikahan RomannoIlustrasi pernikahan

SINGAPURA, KOMPAS.com - Pernikahan merupakan momen yang sangat sakral dan bermakna tak hanya bagi pasangan, namun juga bagi keluarga kedua mempelai. Oleh karena itu, mereka ingin merayakan kebahagiaan ini bersama keluarga, teman, hingga rekan-rekan kerja.

Namun demikian, seperti diketahui menggelar resepsi pernikahan membutuhkan biaya yang tak sedikit. Ini terjadi di banyak negara, tak hanya di Indonesia.

Tak perlu jauh-jauh, mari kita melongok biaya pernikahan di negara tetangga kita, Singapura. Ternyata, bagi sebagian warga Singapura, pernikahan identik dengan biaya amat besar yang harus dirogoh untuk menggelar resepsi.

Baca juga: Ini Hal yang Harus dan Jangan Dilakukan Saat Menyiapkan Anggaran Pernikahan

Sebuah studi teranyar pun menyebut, biaya pernikahan di Singapura terus menanjak. Dikutip dari Business Insider, Jumat (29/3/2019), rata-rata biaya resepsi pernikahan di Singapura naik signifikan dalam delapan terakhir.

Ini berdasarkan laporan yang dirilis ValueChampion pada pekan ini. Studi tersebut berdasarkan biaya resepsi di 55 lokasi di Singapura.

Berdasarkan studi itu ditemukan bahwa pada tahun 2011, biaya rata-rata per meja untuk makan malam pernikahan saat akhir pekan adalah 923 dollar Singapura atau sekira Rp 9,7 juta. Namun, pada tahun 2019 melonjak menjadi 1.392 dollar Singapura, setara sekira Rp 14,6 juta.

Baca juga: Di Acara Pernikahan, Perempuan Ini Sediakan Transaksi Nontunai Pengganti Amplop Kondangan

Dalam laporannya, ValueChampion menyebut bahwa laju biaya resepsi pernikahan tersebut lebih cepat ketimbang laju inflasi. Laporan itu menyebut juga bahwa sepanjang tahun 2011-2019, keseluruhan biaya semua jenis resepsi pernikahan naik kira-kira 54 persen, dibandingkan laju inflasi 14 persen selama periode itu.

Studi itu pun menyertakan analisis luas terkait rata-rata biaya pernikahan di 102 lokasi di Singapura. Ini berdasarkan data yang tersedia selama periode 2018-2019.

Bila dibandingkan dengan tahun 2018, rata-rata biaya resepsi makan malam pernikahan di akhir pekan per meja naik dari 1.319 dollar Singapura atau setara kira-kira Rp 13,8 juta menjadi 1.337 dollar Singapura atau sekira Rp 14 juta pada tahun ini.

Baca juga: 8 Kiat agar Biaya Pernikahan Hemat tapi Resepsinya Tetap Romantis

Menurut studi yang dihelat ValueChampion itu, rata-rata biaya menikah di Singapura berkisar antara 33.000 dollar Singapura atau sekira Rp 347,3 juta hingga 76.000 dollar Singapura atau setara sekitar Rp 799,9 juta. Ini sudah mencakup mas kawin, resepsi, hingga bulan madu.

Kisaran biaya tersebut tergantung pada faktor-faktor seperti jumlah tamu dan lokasi acara.

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X