Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tindakan Ini Bisa Bantu Anda Cepat Kaya

Kompas.com - 29/03/2019, 11:00 WIB
Fika Nurul Ulya,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

Sumber CNBC

JAKARTA, KOMPAS.com - Semua orang menginginkan 'money goals' alias cita-cita finansial. Semua orang ingin membeli rumah, liburan, rekening bank yang sehat, dan hal-hal yang membuat hidup layak dijalani.

Anda mungkin merasa hanya orang-orang yang bergaji besar yang mampu memiliki hal tersebut. Sebenarnya, gaji yang kecil pun bisa memilikinya.

Jangan biarkan gaji Anda yang lebih kecil atau kurangnya pengetahuan menghalangi Anda.

Dilansir dari CNBC, Jumat (29/3/2019), Anda hanya perlu lakukan beberapa keterampilan di bawah ini untuk mencapai tujuan tersebut.

1. Ubah Pola Pikir

Hartford, seorang insinyur di Maryville awalnya menggunakan uang secara berlebihan. Hal itu dia lihat dan dia pelajari dari ayahnya.

"Ayahku membelanjakan uang sebanyak yang dia inginkan. Dia selalu berkata, 'Ini uang saya. Saya akan melakukan apa pun yang saya mau,'" kata Harford.

Ketika Hartford tumbuh, dia juga menghabiskan dengan bebas untuk apa pun yang menarik perhatiannya. Pengeluaran yang tidak terkendali adalah masalah besar dalam hidupnya.

Baca juga: 3 Cara Menabung Simpel yang Bikin Kamu Cepat Kaya

Saat usianya beranjak 28 tahun, Hartford mulai menyadari ada yang tidak beres. Dia tidak mau hidup dari gaji ke gaji dan terus-menerus bangkrut.

Setelah membaca beberapa buku keuangan pribadi yang populer, Hartford perlahan mulai mengubah pandangannya tentang keuangan. Sebelumnya, tidak ada yang bisa meyakinkannya untuk menyelamatkan diri dari polanya menghabiskan uang.

"Kupikir aku benar, dan aku tidak bisa melihat cara lain," kata Hartford.

Baca juga: Kisah Mansa Musa, Orang Paling Kaya Sepanjang Masa

Hingga saat ini, Hartford menganggarkan dengan cermat, dia dan istrinya menabung dan mulai berinvestasi. Ia belajar dari buku dan mulai mengontrol pengeluarannya.

"Kami benar-benar mencoba untuk menabung dan mulai berinvestasi, daripada hanya berharap tabungan kami akan cukup," katanya.

2. Lacak pengeluaran

Menurut seorang pegawai swasta yang dulu hidup dari gaji ke gaji, Todd Kunsman, cara terbaik untuk memulai adalah dengan menganalisis segalanya.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com