Pengerjaan Proyek LRT Jabodebek Sudah 60 Persen

Kompas.com - 29/03/2019, 14:46 WIB
Kondisi di lokasi proyek LRT Jabodebek Lintas 1 di kawasan JORR, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019). KOMPAS.com/Ardito Ramadhan DKondisi di lokasi proyek LRT Jabodebek Lintas 1 di kawasan JORR, Jakarta Timur, Jumat (29/3/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero), Budi Harto, mengatakan, pembangunan proyek  LRT Jabodebek kini sudah mencapai 60 persen. Angka itu merupakan gabungan dari setiap kemajuan pembangunan setiap rute.

"Total sekitar 60 persen. Dari (akumulasi pengerjaan rute) Cibubur-Cawang 85 persen, Cawang-Bekasi sekitar 60 persen, kemudian Cawang-Dukuh Atas sekitar 40 persen," kata Budi di Jakarta, Jumat (29/3/2019).

Budi menjelaskan, sejauh ini pihaknya sudah menyelesaikan pengerjaan proyek LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 yang terbentang dari Cibubur hingga Cawang dengan panjang 14,89 kilometer.

Hari ini, Adhi Karya telah melakukan Iongspan closure atau pengecoran terakhir Iongspan secara serentak dari ketiga titik, yaitu JORR, Cililitan, dan Cikoko.

Lintas Pelayanan 1 Cawang-Cibubur yaitu Iongspan JORR dan Iongspan Cililitan, dan Iongspan di Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas yaitu Iongspan Cikoko.

"Berarti sudah empat longspan diselesaikan termasuk di atas kali Bekasi," tuturnya.

Dia menambahkan, dengan dilakukannya Iongspan tiga titik tersebut, maka jalur Cawang-Cibubur sudah tersambung penuh. Nantinya akan dilakukan proses selanjutnya berupa rel kereta.

"Ya, dengan demikian maka jalur Cawang-Cibubur telah connect. Insya Allah tidak lama kita akan selesaikan trek atau pengejaan rel dan sistem kelistrikan," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya akan terus mengejar target pengerjaan seperti yang telah ditentukan. Setelah LRT Jabodebek Lintas Pelayanan 1 ini rampung dengan semua pendukungnya, maka akan dilakukan proses uji coba beberapa ke depan.

"Pada Juli pada jalur Cawang-Cibubur ini ada kereta ang sudah bisa uji coba. Jadi, akan bertahap dengan apa yang diperlukan kita selesaikan," tambahnya.

Diketahui, longspan JORR melintas di atas Jalan Tol JORR, Jalan Dukuh dan Jalan Tol Jagorawi dengan struktur u-box girder. Longspan JORR memiliki panjang 54-90-54 meter yang merupakan Iongspan u-box girder terpanjang di dunia.

Kemudian Iongspan Cililitan, melintas di atas Jalan Tol Jagorawi dengan panjang 54-90-54 meter dengan struktur box girder. Serta longspan Cikoko yang merupakan bagian dari Lintas Pelayanan 2 Cawang-Kuningan-Dukuh Atas, membentang di atas jalur KRL di dekat Stasiun Cawang dan Jalan Cikoko Barat dengan panjang 54-90-54 meter dan struktur box girder.

Menangkan Samsung A71 dan Voucher Belanja. Ikuti Kuis Hoaks / Fakta dan kumpulkan poinnya. *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X