KILAS

PGN Kerja Sama dengan Pelindo Bangun Terminal LNG Telok Lamong

Kompas.com - 29/03/2019, 14:55 WIB
Aktivitas di terminal LNG Dok. Humas PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGNAktivitas di terminal LNG


KOMPAS.com
 -  PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN melalui anak usaha PT PGN LNG Indonesia (PLI) bekerjasama dengan PT Pelindo III (Persero) mengembangkan Terminal LNG Teluk Lamong, Jawa Timur.

Pembangunan Terminal LNG Jawa Timur itu ditargetkan beroperasi pada kuartal IV 2019. Setelah perampungan, PLI siap mengoperasikan terminal itu untuk melayani kebutuhan energi di Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan sekitarnya.

Dalam proses pembangunan Terminal LNG dan seluruh fasilitasnya, PT Pelindo Energi Logistik beserta PLI menggarap pengerjaan. Kerja sama ini pun sejalan dengan optimalisasi sinergi antar perusahaan pelat merah.

Nantinya Terminal LNG Teluk Lamong akan menjadi obyek vital bagi pembangunan ekonomi dan mobilitas transportasi di Pulau Jawa.

Pada fase pertama, Terminal LNG Jawa Timur akan memiliki kapasitas regasifikasi sebesar 30 Billion British Thermal Unit per Day (BBTUD). Besaran kapasitas ini nantinya akan dikembangkan sesuai dengan perkembangan kebutuhan energi di Jawa Timur dan sekitarnya.

Terminal LNG akan jadi multifungsi

Sejalan dengan itu, maka Terminal LNG juga menjadi solusi untuk menyediakan tambahan pasokan gas hasil regasifikasi LNG untuk pelanggan PGN group.

Pelangggan PGN group yang dimaksud adalah yang telah menerima penyaluran gas melalui jaringan pipa dan Terminal LNG Jawa Timur. Mereka adalah  pelanggan industri, ritel, dan kelistrikan khususnya untuk wilayah-wilayah yang tidak dapat dijangkau dengan jaringan pipa PGN.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Selain itu, Terminal LNG Jawa Timur pada pengembangannya diharapkan pula dapat menyediakan fasilitas pengisian LNG dengan moda LNG trucking yang memanfaatkan ISO tank. Adapun kapasitas pengisiannya kurang lebih 10 BBTUD.

Ilustrasi kegiatan memasok LNG ke kapal-kapal yang berbahan bakar berbasis LNG Dok. Humas PT Perusahaan Gas Negara Tbk atau PGN Ilustrasi kegiatan memasok LNG ke kapal-kapal yang berbahan bakar berbasis LNG
Pengembangan fasilitas dengan moda LNG trucking tersebut diharapkan dapat memberikan solusi energi dan membuka pasar-pasar ritel baru di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan juga Jawa Barat.

Selanjutnya, dengan moda LNG trucking, kerja sama ini pun akan mengusahakan pemanfaatan pasokan LNG untuk kapal-kapal yang berbahan bakar berbasis LNG (truck to ship LNG bunkering) di terminal-terminal milik Pelindo III.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.