Bagaimana Mengetahui Bisnis Anda akan Sukses? Ini Kata Miliarder AS

Kompas.com - 29/03/2019, 21:11 WIB
Mark Cuban Business InsiderMark Cuban

KOMPAS.com - Mark Cuban, seorang miliarder asal Amerika Serikat membagikan tips cara mengenali bisnis yang Anda jalani berhasil atau gagal.

Cuban bercerita, dahulu dirinya merupakan pemain band yang diberi nama 'Not So Human Being'. Namun, dia memutuskan berhenti karena banyak orang yang tidak mengenali band-nya. Hal tersebut sama dengan bisnis, bila bisnis Anda tidak punya pelanggan, berarti bisnis yang Anda jalani mengalami kegagalan.

"Kapan Anda tidak punya pelanggan? Itu jawaban Anda. Saat itulah Anda tahu apa yang Anda hasilkan tidak akan menjadi bisnis yang sukses," kata Mark Cuban dikutip dari CNBC, Jumat (29/3/2019).

"Satu dari banyak tantangan dalam berwirausaha adalah kita semua berbohong pada diri sendiri. Kita terbaik, kita tercepat, terbesar dan ter- ter lainnya. Jika Anda selalu menggambarkan perusahaan Anda yang ter-ini, ter-itu. Anda ada masalah, karena Anda mungkin sedang berbohong pada diri sendiri," tambah Pemilik klub bola basket NBA, Dallas Mavericks ini.

Baca juga: Bisnis Kuliner Itu Enggak Mudah...

Cuban menyarankan, daripada melihat perusahaan dan segi pemilik, lebih baik melihat dari segi orang awam yang memandang perusahaan Anda.

“Anda harus benar-benar jujur. Anda harus bertanya pada diri sendiri 'Jika bukan saya pemilik perusahaannya, apa yang akan saya katakan tentang perusahaan ini?' Dan jika Anda tidak dapat melakukan itu, itu masalah yang lebih besar," katanya.

Memiliki pelanggan memang menjadi perbedaan antara mencapai bisnis yang sukses atau hanya menjadi seorang penemu. Dalam bisnis, menemukan produk maupun layanan hebat untuk ditawarkan tidaklah cukup. Anda harus mempunyai cara untuk memasarkan dan menjualnya hingga menpunyai pelanggan.

Tapi, Cuban mengingatkan, jika bisnis Anda tidak sukses bukan berarti itu tidak berharga. Kesuksesan itu relatif, semua orang mendefinisikan kesuksesan dengan cara yang berbeda.

“Semua orang mendefinisikan kesuksesan secara berbeda. Saya selalu memberi tahu orang-orang bahwa jika Anda bisa bangun di pagi hari dengan senyum di wajah Anda, bersemangat tentang hari Anda, tahu itu akan menjadi hari yang baik, Anda sukses," ucapnya.

Baca juga: Ini Tips Wirausaha ala Jokowi untuk Para Pensiunan

Jadi dalam hal bisnis, Anda harus menyukai apa yang Anda lakukan.

Dia mencontohkan sebelum mendirikan perusahaan pertamanya, AudioNet, (sekarang menjadi Broadcast.net dan dijual ke Yahoo sebesar 5,7 miliar dollar AS April 2000), di belajar coding.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNBC
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X