PT KAI Akan Sambungkan KA Jalur Bandung dan Cirebon Langsung ke Bandara Soetta

Kompas.com - 30/03/2019, 06:01 WIB
Suasana dalam gerbong Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun BNI City menuju ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/9/2018) KOMPAS.com/ Putri Syifa NurfadilahSuasana dalam gerbong Kereta Bandara Soekarno-Hatta dari Stasiun BNI City menuju ke Stasiun Bandara Soekarno-Hatta, Jumat (14/9/2018)

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama anak perusahaannya PT Railink berencana menyambungkan jalur Bandung dan Cirebon langsung ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Dengan demikian, masyarakat dari luar kota tak perlu berhenti di Gambir terlebih dahulu untuk transit.

Rencana memperpanjang rute perjalanan hingga ke Bekasi masih dalam tahap mengkaji jenis dan jumlah armada yang akan dikerahkan. Sebab, program ini akan mengintegrasikan kereta jarak jauh, yakni Argo Parahyangan dan Cirebon Ekspres.

Baca juga: Dongkrak Kapasitas SDM, PT KAI ke Roma Gandeng Kereta Api Italia

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro menjelaskan, saat ini sedang dikaji armada mana yang visible.

“Kami tidak bisa pakai relling sekarang karena pakai listrik, sedangkan kereta yang akan diintegrasikan ke Soetta jenisnya KRDE atau bahan bakar diesel,” ujarnya seperti dilansir Kontan.co.id, Jumat  (29/3/2019).

Edi menyatakan, gagasan ini akan segera direalisasikan karena potensi penumpang cukup besar. Namun, peluang itu belum memberi kepastian berapa banyak armada yang akan ditambah.

“Harus ada visibilitasnya, sedangkan kami belum sampai pada hitungan riil,” katanya.

Rencananya kereta ini akan melintas di trayek sepanjang 126 kilometer (km)-130 km. Nanti penumpang kereta jarak jauh hanya perlu membeli tiket satu kali dan bisa turun di Stasiun Bekasi langsung melanjutkan perjalanan ke Bandara Soetta. (Arfyana Citra Rahayu)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul KAI akan sambungkan jalur kereta api Bandung dan Cirebon langsung ke Bandara Soetta


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X