Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PT KAI Akan Sambungkan KA Jalur Bandung dan Cirebon Langsung ke Bandara Soetta

Kompas.com - 30/03/2019, 06:01 WIB
Erlangga Djumena

Editor

Sumber

JAKARTA, KOMPAS.com — PT Kereta Api Indonesia (KAI) bersama anak perusahaannya PT Railink berencana menyambungkan jalur Bandung dan Cirebon langsung ke Bandara Soekarno Hatta (Soetta).

Dengan demikian, masyarakat dari luar kota tak perlu berhenti di Gambir terlebih dahulu untuk transit.

Rencana memperpanjang rute perjalanan hingga ke Bekasi masih dalam tahap mengkaji jenis dan jumlah armada yang akan dikerahkan. Sebab, program ini akan mengintegrasikan kereta jarak jauh, yakni Argo Parahyangan dan Cirebon Ekspres.

Baca juga: Dongkrak Kapasitas SDM, PT KAI ke Roma Gandeng Kereta Api Italia

Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia Edi Sukmoro menjelaskan, saat ini sedang dikaji armada mana yang visible.

“Kami tidak bisa pakai relling sekarang karena pakai listrik, sedangkan kereta yang akan diintegrasikan ke Soetta jenisnya KRDE atau bahan bakar diesel,” ujarnya seperti dilansir Kontan.co.id, Jumat  (29/3/2019).

Edi menyatakan, gagasan ini akan segera direalisasikan karena potensi penumpang cukup besar. Namun, peluang itu belum memberi kepastian berapa banyak armada yang akan ditambah.

“Harus ada visibilitasnya, sedangkan kami belum sampai pada hitungan riil,” katanya.

Rencananya kereta ini akan melintas di trayek sepanjang 126 kilometer (km)-130 km. Nanti penumpang kereta jarak jauh hanya perlu membeli tiket satu kali dan bisa turun di Stasiun Bekasi langsung melanjutkan perjalanan ke Bandara Soetta. (Arfyana Citra Rahayu)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul KAI akan sambungkan jalur kereta api Bandung dan Cirebon langsung ke Bandara Soetta


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com