Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bidik Milenial yang Enggan Beli Rumah, Lippo Bikin Kos-kosan ala McDonald's

Kompas.com - 30/03/2019, 11:40 WIB
Mutia Fauzia,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Menduduki pucuk jabatan salah satu lini bisnis properti Lippo Group, CEO PT Lippo Karawaci Tbk (KOMPAS100: LPKR) John Riyadi telah merencanakan berbagai trasnformasi bisnis perusahaan.

John mengatakan, dia akan mengembangkan bisnis propertinya yang akan menggaet pasar millenial yang menurutnya memiliki potensi cukup besar.

Namun, untuk bisa membuat pasar millenial melirik produk propertinya, John mengatakan dirinya akan membuat penawaran yang berbeda, yaitu dengan membuat konsep kos-kosan ala McDonald's.

Baca juga: Lippo Karawaci Tunjuk John Riady Jadi CEO

"Anak muda sekarang kos-kosan enggak konsisten standarnya, kemananan enggak terjaga dan sangat basic. Kami akan memberikan konsep standar kos-kosan yang lebih baik. Seperti McDonald's of kos-kosan, rapi, dan bersih," ujar dia pada acara CEO Talk di Menara Kompas, Jumat (29/3/2019).

Konsep kos-kosan ala McDonald's ini muncul mengikuti gaya hidup milenial yang menurutnya memiliki kecenderungan enggan membeli rumah atau tempat tinggal. John mengatakan, millenial adalah generasi penyewa yang lebih memilih menggunakan uangnya untuk kepentingan lain dibanding membeli rumah.

"Millenial ini enggan beli rumah. Dulu orang kalau tua beli tanah, mobil sekarang ngapain beli mobil harganya langsung deppressed, mending nge-Grab. Sekarang juga ngapain beli rumah, mereka hidup pindah-pindah, mending nyewa. Generation of renters," ujar dia.

Baca juga: Lippo Karawaci Klaim Likuiditas Aman untuk Bayar Utang

John mengatakan, kaum milenial bukan berarti tak mampu mengelola keuangan mereka ketika memilih untuk tidak menggunakan uangnya untuk membeli rumah. Namun, mereka memang memiliki prioritas dan nilai-nilai yang berbeda.

"Memang mereka adalah generasi yang lebih experience oriented, enggak begitu mementingkan gue harus beli mobil, gue harus punya rumah di mana, yang penting experience," ujar dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com