KILAS

Bandara Internasional Soekarno-Hatta Naik Peringkat 40 Terbaik Dunia

Kompas.com - 30/03/2019, 15:15 WIB
Skytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Dok Humas AP IIPT Angkasa Pura IISkytrain Bandara Internasional Soekarno-Hatta.


KOMPAS.com — Bandara Internasional Soekarno-Hatta kembali diakui sebagai salah satu bandara terbaik di dunia oleh Skytrax.

Hal itu menambah panjang prestasi bandara di Indonesia setelah sebelumnya enam bandara lain, yakni Sultan Thaha Jambi, Depati Amir Pangkal Pinang, Sultan Mahmud Baddaruddin II Palembang, Sultan Syarif Kasim II Pekanbaru, Silangit Siborong-Borong, dan Raja Haji Fisabilillah Tanjung Pinang yang berada di bawah pengelolaan PT Angkasa Pura II juga didaulat sebagai bandara terbaik versi Airport Council International 2019. 

Adapun peningkatan pelayanan di Bandara Soekarno-hatta ini diakui oleh Skytrax. Dalam daftar 100 bandara terbaik di dunia yang tercantum dalam Skytrax World Airport Awards 2019, Bandara Internasional Soekarno-Hatta berhasil naik ke peringkat ke-40 atau menjadi Top 40 World’s Best Airport in the World.

Jika dibandingkan pada tahun-tahun sebelumnya, posisi tersebut terus merangkak naik. Pada 2018 ada di peringkat ke-45, lalu pada 2017 di peringkat ke-44, dan pada 2016 di peringkat ke-63.

Sebagai informasi, peringkat yang diraih Soekarno-Hatta juga lebih baik dibandingkan dengan bandara internasional milik negara lain, seperti Bangkok Suvarnabhumi yang berada di peringkat ke-46, Toronto Pearson di peringkat ke-50, Kuala Lumpur Malaysia di posisi ke-54, Los Angeles di posisi ke-71, Boston Logan di peringkat ke-80, dan Prague yang berada di posisi ke-97.

Sabet banyak prestasi

Selain naik peringkat, Jakarta atau Bandara Soekarno Hatta juga masuk kategori Bandara Terbaik 2019 yang melayani 60-70 juta penumpang versi Skytrax. Pada kategori ini, Jakarta masuk peringkat keenam.

Penghargaan lain yang juga diraih Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Top 10 Best Airport Staff in Asia 2019.

Skytrax World Airport Awards 2019 sendiri merupakan survei yang menilai kepuasan traveler terhadap pelayanan dan fasilitas pada 550 bandara di seluruh dunia.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Muhammad Awaluddin mengatakan ini merupakan apresiasi dari para traveler seiring dengan hasil Skytrax World Airport Awards 2019.

Ia menuturkan bahwa ini merupakan bentuk dari kerja keras dan komitmen dari seluruh stakeholder Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X