Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Sepele Raih Sukses, Jangan Lakukan Ini Sebelum Tidur

Kompas.com - 31/03/2019, 20:30 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

KOMPAS.com - Tidur merupakan kebutuhan hidup dasar manusia. Dengan tidur, seseorang bisa melepaskan lelah dan mengistirahatkan tubuh yang telah seharian dipacu untuk beraktivitas.

Tidur di malam hari memiliki pengaruh yang cukup penting dalam menjalankan aktivitas keesokan harinya. Tidur yang berkualitas di malam hari akan membuat tubuh lebih segar keesokan harinya.

Nah, terlepas dari pentingnya tidur di malam hari, ternyata melakukan kebiasaan sepele sebelum tidur bisa memudahkan Anda meraih sukses. Tentu saja, salah satu cara raih sukses itu adalah produktivitas.

Lalu, hal-hal apa saja yang sebaiknya tidak dilakukan sebelum tidur di malam hari? Seperti dikutip dari Cermati.com, jangan pernah lakukan ini sebelum tidur.

1. Jangan Main ‘Gadget’ Sembari Berbaring di Kasur saat akan Tidur

Ada yang masih main gadget menjelang tidur? Sebaiknya segera hentikan. Saat akan tidur, sebaiknya hindari setiap aktivitas yang berkaitan dengan ponsel, baik itu membuka media sosial ataupun bermain game.

Kenapa? Sebab cahaya biru yang dipantulkan dari layar ponsel dapat mengganggu jam biologis manusia. Misalnya gangguan produksi hormon melatonin yang hanya diproduksi saat seseorang tertidur.

Berkurangnya waktu untuk tidur bisa menyebabkan seseorang mudah terkena stres dan depresi. Selain itu, terlalu sering memandang layar gadget dapat mengakibatkan gangguan terhadap kesehatan mata.

Tentu saja, bila mata terganggu dan stres serta depresi melanda, Anda pun tidak akan maksimal dalam melakukan aktivitas. Hasilnya, akan sulit meraih sukses dari apa yang dinginkan dan dilakukan.

2. Jangan Mengonsumsi Makanan Berat Sebelum Tidur

Makanan yang mengandung karbohidrat, lemak dan gula memang dibutuhkan oleh tubuh sebagai sumber tenaga. Namun, makanan tersebut akan mendatangkan berbagai risiko kesehatan apabila dikonsumsi pada waktu yang tidak tepat, misalnya pada malam hari atau menjelang tidur.

Selain berisiko terhadap kesehatan, konsumsi makanan berat saat akan tidur juga berisiko pada bentuk tubuh, yakni tubuh akan bertambah gemuk. Sebab kadar gula yang tinggi tidak dibakar atau diserap sebagai energi.

Makanan berat juga dapat mengganggu pola tidur, ketika dimakan menjelang tidur. Sebab otomatis pencernaan akan terus bekerja untuk mencerna makanan-makanan yang dikonsumsi, sehingga akan menimbulkan rangsangan tetap terjaga dan melakukan aktivitas.

3. Jangan Berolahraga Berat Menjelang Tidur

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Tapi perlu mengetahui olahraga yang tepat agar bisa mendapatkan manfaat yang lebih pula.

Maka dalam hal ini olahraga terbagi menjadi dua macam yakni olahraga ringan dan olahraga berat. Hal itu dilakukan sesuai dengan kondisinya.

Jika sudah menjelang tidur malam hari, jangan berolahraga yang berat. Sebab akan meningkatkan suhu tubuh dan bisa mengganggu jam tidur, sehingga kualitas tidur akan menurun.

Oleh karena itu, berolahragalah yang ringan sehingga membuat tubuh menjadi rileks. Dengan demikian, rasa kantuk bisa segera datang dan membuat tidur semakin nyenyak.

Baca Juga: Insomnia Mengganggu? Ini 9 Tips agar Tidurmu Lebih Nyenyak

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com