Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Kegiatan yang Biasa Dilakukan Orang Sukses saat Akhir Pekan

Kompas.com - 01/04/2019, 06:36 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com -  Banyak hal yang bisa dilakukan saat akhir pekan untuk melepas penat setelah seminggu bekerja. Nah bagaimana kebiasaan yang dilakukan orang-orang sukses saat akhir pekan mereka?

Benyamin Spall, penulis buku My Morning Routine, membeberkan enam kegiatan yang biasa dilakukan oleh orang-orang sukses seperti Bill Gates hingga Jeff Bezos saat akhir pekan.

Selama lima tahun terakhir, Spall telah mewawancarai 300 orang yang sukses dari beragam bidang untuk mengetahu rutinitas harian mereka.

Inilah yang dilakukan orang sukses di akhir pekan untuk menjadikan hari kerja mereka lebih mudah dan lebih produktif:

1. Mengejar waktu tidur

Tubuh dan otak Anda tidak bisa berfungsi dengan baik jika tidak diberikan istirahat yang tepat. Dari beberapa ratus orang yang wawancarai, waktu tidur mereka rata-rata tujuh jam 29 menit per malam.  para miliarder seperti Tim Cook, Bill Gates, Jack Dorsey, dan Jeff Bezos semuanya mengatakan bahwa mereka tidur setidaknya tujuh jam per malam.

Mungkin hal tersebut sulit untuk didapatkan, terutama jika Anda memiliki pekerjaan yang menuntut untuk sering lembur. Jika Anda merasa kurang tidur saat hari kerja, gunakan akhir pekan untuk mengejar jam tidur tersebut.

Mengejar kekurangan tidur di akhir pekan lebih baik daripada tidak sama sekali.

2. Menghabiskan akhir pekan bersama orang yang dicintai

Jika Anda merasa bersalah karena tak memiliki banyak waktu yang dihabiskan bersama keluarga dan teman pada hari Senin hingga Jumat, Anda tidak sendirian.

Ada baiknya Anda memilih untuk berolahraga bersama pasangan atau membawa anak-anak ke taman saat akhir pekan akan menyelamatkan Anda dari rasa bersalah selama hari kerja.

"Pada akhir pekan kami memiliki [pengasuh] di pagi hari, jadi [istri saya] Tiff dan saya pergi berolahraga Sabtu pagi. Kemudian sisa akhir pekan itu hanya kami," kata Mark Cuban miliarder pemilik klub bola basket Dallas Mavericks, di South by Southwest pada 2014.

"Kita yang menempatkan mereka di tempat tidur. Kita makan malam. Kita berusaha senormal mungkin,” lanjut dia.

Perlu diingat, jika Anda perlu menyelesaikan pekerjaan saat akhir pekan, lakukanlah saat Sabtu pagi sehingga tak mengganggu akhir pekan Anda.

3. Menyusun strategi untuk pekan depan

Orang-orang sukses biasanya selalu membuat strategi untuk minggu depan saat akhir pekan tiba. Hal ini bisa dilakukan dengan mengorbankan setengah hari penuh di hari Sabtu atau menghabiskan 10 menit pada Minggu malam untuk melihat kalender pekan depan dan mencatat apa yang telah Anda kemukakan.

Dengan begitu, ketika Senin pagi, Anda akan siap 110 persen.

"Sabtu saya lepas landas. Saya mendaki. Dan kemudian hari Minggu adalah refleksi, umpan balik, (menyiapkan) strategi dan bersiap-siap untuk sisa minggu ini," kata Jack Dorsey, salah seorang pendiri Twitter.

Halaman:
Sumber CNBC
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com