Ingin Mendapatkan Promosi Jabatan? Lakukanlah 6 Kebiasaan Ini

Kompas.com - 02/04/2019, 06:34 WIB
Ilustrasi karierhobo_018 Ilustrasi karier

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk mendapat promosi kenaikan jabatan, Anda tidak cukup hanya dengan melakuakn pekerjaan dengan baik. Sebab, promosi tidak datang begitu saja dari langit.

Untuk mendapat promosi jabatan, Anda harus bisa membuktikan kepada pimpinan bahwa Anda telah siap memikul tanggung jawab lebih dan siap berdedikasi untuk perusahaan.

Jika memang ingin dipromosikan, jadikan enam kebiasaan ini bagian dari rutinitas Anda:

1. Bertindaklah seperti seorang pemimpin

Tunjukkan kemampuan kepemimpinan Anda, bahkan jika Anda tidak berperan dalam manajemen. Semakin Anda bertindak seperti seorang pemimpin, semakin mudah bagi atasan untuk membayangkan Anda dalam posisi kepemimpinan.

Menunjukkan kualitas seorang pemimpin, bukan berarti memerintah orang di sekitarnya. Perbedaan antara menjadi suka memerintah dan menjadi pemimpin adalah kualitas yang Anda tunjukkan.

Seorang pemimpin sejati menunjukkan kepercayaan diri, membangun kepercayaan, komunikator yang hebat, dan dapat memotivasi orang lain untuk melakukan yang terbaik.

Baca juga: Simak, 5 Kunci untuk Menumbuhkan Karier Anda

2. Bisa bekerja sama

Karyawan yang bisa bekerja dalam sebuah tim lebih dimungkinkan untuk dipromosikan daripada karyawan yang hanya fokus pada diri mereka sendiri.

Tunjukkan kemampuan Anda untuk menjadi pemain tim dengan ikut membantu tanpa diminta, menjadi sukarelawan untuk suatu tugas, atau bekerja secara kolaboratif dengan sebuah kelompok.

Tunjukkan bahwa Anda berinvestasi dalam kebaikan perusahaan yang lebih besar, bukan hanya pekerjaan Anda sendiri.

3. Terus belajar

Mempunyai keinginan untuk terus belajar menunjukkan bahwa seorang karyawan serius dengan kariernya.

Anda dapat menemukan peluang untuk belajar dalam berbagai cara, dari mengikuti kursus hingga mempelajari keterampilan teknis tertentu hingga melangkah keluar dari zona nyaman Anda dan mengambil jenis proyek yang berbeda.

Anda juga dapat bekerja dengan seorang mentor untuk tumbuh dan berkembang sebagai karyawan.

Baca juga: 6 Cara Ampuh agar Dipercaya Atasan di Kantor

4. Berorientasi pada tujuan

Menetapkan dan mencapai tujuan adalah salah satu cara termudah untuk menunjukkan kemampuan Anda. Menetapkan sasaran akan menunjukkan kepada manajer bahwa Anda fokus pada suatu rencana dan bisa membuktikan bahwa Anda dapat mencapainya.

Halaman:



Close Ads X