Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proses Klaim Lebih Mudah, Pastikan Asuransi Kesehatan Anda Punya Kartu Nontunai

Kompas.com - 02/04/2019, 11:12 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini masih ada beberapa kasus penanganan kesehatan di rumah sakit yang bermasalah karena proses klaim asuransi yang berbelit. Seringkali proses ini memakan waktu hingga dana tidak langsung cair.

Namun, pembayaran ke fasilitas kesehatan bisa lebih mudah dan terhubung langsung ke perusahaan jika menggunakan kartu nontunai.

Head of Health Claim Department Sequis dr. A.P. Hendratno menekankan pentingnya memastikan bahwa produk asuransi kesehatan Anda telah dilengkapi kartu nontunai. Hal ini akan memudahkan pemegang polis melakukan pembayaran di fasilitas kesehatan.

Sequis merupakan salah satu perusahaan asuransi yang melengkapi produknya dengan kartu nontunai.

Baca juga: Jangan Lakukan Kesalahan ini agar Asuransi Berguna Hingga Hari Tua

Dalam kartu nontunai tersebut juga terdapat identitas pasien yang dapat diverifikasi secara online oleh petugas pendaftaran rumah sakit. Kartu ini digunakan untuk mengajukan klaim saat dirawat di rumah sakit yang dirujuk atau yang bermitra dengan perusahaan asuransi.

"Dengan kartu cashless, pemilik polis tidak perlu membayar uang tunai karena biaya perawatan menjadi tanggungan perusahaan asuransi sesuai yang tercantum dalam buku polis," ujar Hendra dalam keterangan tertulis, Selasa (2/4/2019).

Dengan kartu nontunai, pemegang polis hanya perlu membayar jika terdapat kelebihan klaim setelah pasien selesai menjalani proses rawat inap atau rawat jalan. Mengingat risiko kesehatan dalam hidup tak bisa ditebak dan kartu nontunai sangat bermanfaat pada saat rawat inap, Hendra mengingatkan untuk selalu membawa kartu ini kemanapun Anda pergi.

"Simpan selalu kartu cashless di tempat yang mudah terjangkau dan selalu bawa jika berpergian," kata Hendra.

Hendra juga memastikan pemegang polis mengetahui daftar rumah sakit rekanan perusahaan asuransi Anda. Jika kartunya hilanh, segera lapor pada perusahaan asuransi untuk diganti.

Fasilitas nontunai tersebut berlaku di seluruh jaringan rumah sakit yang bekerja sama dengan pihak penanggung.

Hendra mengatakan, Sequis menyediakan fasilitas layanan nontunai untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan perawatan bagi nasabahnya di lebih dari 560 rumah sakit di Indonesia juga tersedia di 54 rumah sakit di Malaysia dan 4 rumah sakit di Singapura. Untuk proses administrasi cashless, Sequis bekerja sama dengan Admedika.

Sepanjang 2018, Sequis telah membayarkan kewajiban klaim kesehatan lebih dari Rp 262,423 miliar. Dari jumlah tersebut, sebanyak 53 persen atau lebih dari Rp139,161 miliar merupakan klaim kesehatan yang dibayarkan secara nontunai.

Dari total pembayaran klaim kesehatan secara nontunai ini, paling banyak 1,56 persen berasal dari klaim penyakit Diarrhoea and Gastroenteritis of presumed infectious origin (GED).

"Ini merupakan bentuk dari komitmen kami untuk melakukan kewajiban pembayaran klaim sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku demi membantu nasabah mencapai hari esok yang lebih baik,” kata Hendra.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com