Jonan: Tahun Politik Tak Pengaruhi Penerimaan Negara dari Sektor Energi

Kompas.com - 02/04/2019, 16:30 WIB
Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dalam Acara Energi Untuk Kedaulatan Rakyat di Jakarta, Selasa (2/4/2019)Fika Nurul Ulya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan dalam Acara Energi Untuk Kedaulatan Rakyat di Jakarta, Selasa (2/4/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral menyatakan tahun 2019 alias tahun politik tidak mempengaruhi penerimaan negara dari sektor energi.

"Kalau kita berbicara energi sebenarnya penerimaan negara di bidang migas (minyak dan gas bumi) dan minerba (mineral dan batubara) tidak ada hubungannya dengan tahun politik," kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan di Jakarta, Selasa (2/4/2019).

Jonan menegaskan, harga migas dan minerba justru berhubungan erat dengan standar yang ditetapkan pasar internasional. Sektor migas dan minerba banyak dipengaruhi gejolak ekonomi dunia yang mengalami fluktuasi tidak menentu.

Fluktuasi tidak menentu tersebut berasal dari perang dagang Amerika-Cina yang belum mencapai titik temu sejak tahun kemarin. Hal tersebut menyebabkan harga batu bara tidak mengalami penurunan.

"Bahkan, kalau kita lihat negoisasi dagang yang sangat besar antara Amerika-Cina dampaknya sangat besar sekali untuk negara ini. Negara lain pun ikut merasakan dampaknya," kata jonan.

Selain itu, tata kelola pemerintahan yang baik juga mempengaruhi penerimaan negara dalam sektor energi, bukan karena tahun politik.

Namun, Jonan mengatakan, kekayaan Indonesia tidak hanya terbatas pada sumber energi migas, mineral dan batu bara.

Potensi sumber energi terbarukan yang mulai dikembangkan secara bertahap juga merupakan kekayaan. Potensi sumber energi terbarukan ini bisa digunakan untuk memastikan ketersediaan energi yang berkelanjutan.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X