Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK Belum Terima Laporan Soal Akuisisi Bank Yudha Bakti oleh Akulaku

Kompas.com - 02/04/2019, 17:31 WIB
Mutia Fauzia,
Bambang P. Jatmiko

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Teknologi finansial (fintech/financial technology) penyedia jasa pinjaman online (pinjol) atau peer to peer lending Akulaku dikabarkan akan melakukan proses akuisisi Bank Yudha Bhakti.

Jika proses akuisisi ini benar-benar dilakukan, maka akan menjadi akuisisi bank oleh fintech untuk pertama kalinya di Indonesia.

Namun, Otoritas Jasa Keuangan mengaku belum menerima laporan terkait proses akuisisi ini.

"Akulaku belum lapor ke kami, belum datang ke kami, nanti kita kaji dong," ujar Kepala Eksekutif Pengawasan Perbankan Heru Kristiyana di Jakarta, Selasa (2/3/2019).

Kabar mengenai akuisisi yang akan dilakukan oleh fintech P2P lending asal China muncul setelah mereka menyuntikkan modal sebesar Rp 500 miliar kepada Bank Yudha Bakti pertengahan Maret lalu.

Bank Yudha Bhakti pun berencana menjadi Bank Umum Kelompok Usaha (BUKU) II atau bank dengan modal inti berada di kisaran Rp 1 triliun hingga Rp 5 triliun tahun ini.

Untuk mencapai target tersebut, BBYB akan melakukan penambahan modal dengan penawaran saham skema rights issue atau Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD).

Adapun jumlah saham yang ditawarkan dalam HMETD mencapai 3 miliar lembar saham dengan Akulaku sebagai standby buyer atau pembeli siaga dalam aksi korporasi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com