Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Perbaikan Pesawat Airbus, GMF AeroAsia Bakal Untung Besar

Kompas.com - 02/04/2019, 19:18 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

TANGERANG, KOMPAS.com - Perusahaan pemeliharaan dan perbaikan pesawat (maintenance, repair and overhaul/MRO) PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia Tbk atau GMF AeroAsia akan mendapat keuntungan yang besar dari kerja sama dengan Airbus.

Salah satu keuntungannya yakni bisa menawarkan jasa perawatan dan perbaikan pesawat kepada seluruh pelanggan Airbus di seluruh dunia.

"Jadi ini adalah suatu pintu masuk bagi kita untuk join dengan Airbus dalam support customer mereka dalam hal komponen services," ujar Direktur Bisnis & Base Operation GMF AeroAsia, Tazar Marta Kurniawan di Tangerang, Selasa (2/4/2019).

Baca juga: Airbus Gandeng GMF untuk Perawatan Pesawat A320 dan A330

Tazar menjelaskan, saat menjual pesawat, Airbus sekaligus menawarkan jasa perawatan dan perbaikan. Dengan adanya kerja sama ini, GMF bisa ikut menangani jasa perawatan dan perbaikan itu.

"Nanti akan ada usaha kita untuk join ke custumer (Airbus). Kalau ada customer baru nanti kita akan maju bersama Airbus di dalam complete maintenance," kata Tazar.

Namun, Tazar belum bisa merinci berapa besaran keuntungan yang akan didapat dari kerja sama dengan Airbus ini.

Baca juga: 2018, GMF Raup Pendapatan 470 Juta Dollar AS

Kendati begitu, dengan adanya kerja sama ini Tazar memastikan akan mengurangi beban maskapai jika melakukan perawatan pesawat di GMF.

"Jtu banyak keuntungannya, pertama untuk customer di region ini (Asia Pasifik), ini komponen enggak perlu dikirim ke Eropa kalau rusak, jadi cukup di sini (GMF)," ucap dia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com