Investor Ini Berbagi Rahasia Memilih Perusahaan untuk jadi Pilihan Investasi

Kompas.com - 02/04/2019, 19:33 WIB
Ilustrasi pergerakan harga saham THINKSTOCKSIlustrasi pergerakan harga saham

JAKARTA, KOMPAS.com - Apa yang membuat bisnis sukses? ini adalah pertanyaan bernilai jutaan dollar bila Anda tahu jawabannya.

Jenny Lee, Seorang investor dibalik kesuksesan Alibaba, Grab, dan Xiaomi menyelidiki apa yang menuntunnya untuk mendukung para pendiri 3 perusahaan besar Cina dan Asia Tenggara itu di masa-masa awal perusahaan tersebut merintis usahanya.

Dari situ, Lee mengungkapkan bahwa ada tiga sifat utama yang mendukung keberhasilan perusahaan sehingga ia mau berinvestasi di perusahaan tersebut.

1. Visi

Pertama dan yang paling utama, seorang pebisnis yang baik harus memiliki visi. Namun, menurut Lee, mimpi mengubah dunia saja tidak cukup. Pendiri yang berinvestasi harus benar-benar mengetahui rencana permainan bisnis yang dimilikinya.

“Visi Anda tidak hanya untuk pergi keluar dan mengubah dunia,” ucap Jenny Lee, yang merupakan mitra pelaksana di GGV Capital dilansir dari CNBC Make It, Selasa (2/4/2019).

“Sebagai seorang pendiri, visi Anda akan membawa Anda selama 5, 10, 20, 50, bahkan 100 tahun ke depan. Ini adalah inti di balik apa yang mendorong perusahaan Anda maju, " lanjut Lee.

Karena itu, pendiri harus dapat mengklarifikasi ide-ide ke dalam tugas nyata sehari-hari yang dapat ditindaklanjuti.

Jack Ma, pendiri teknologi China raksasa, Alibaba (tempat Lee berinvestasi) melakukan visinya dengan penuh percaya diri.

Ma pertama kali mendirikan situs e-commerce pada tahun 1999 dalam upaya untuk membantu usaha kecil dan menengah melakukan bisnis secara global. dan sejak itu, ia dan timnya menjadikan tujuan itu sebagai pusat dari semua strategi pertumbuhan mereka.

"Kemampuan untuk mengkristalkan itu (visi), menjadi pernyataan misi yang sangat spesifik. Pernyataan misi tersebut dapat dibedah menjadi tugas yang dapat ditindaklanjuti untuk manajemen senior Anda, manajemen menengah Anda, dan orang-orang Anda di lapangan. Sangat, sangat penting," tambahnya.

Halaman:


Video Pilihan

Sumber CNBC
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.