AS dan China Hampir Sepakat soal Negosiasi Perang Dagang?

Kompas.com - 03/04/2019, 18:00 WIB
Ilustrasi perang dagangThinkstock.com/andriano_cz Ilustrasi perang dagang

WASHINGTON, KOMPAS.com - Pejabat Amerika Serikat dan China dikabarkan telah menyelesaikan sebagian besar permasalahan perdagangan yang belum belum terselesaikan.

Meski di lain sisi, masih ada beberapa proses negosiasi yang belum menemui titik terang.

Seperti dikutip dari CNBC, Rabu (3/4/2019), kedua negara menyatakan sepakat untuk beberapa isu penting. China menginginkan AS untuk menghilangkan tarif yang diberlakukan untuk produk China, sementara AS menginginkan China sepakat dengan mekanisme penegakan hukum yang memastikannya untuk mematuhi perjanjian.

Wakil Presiden Eksekutif untuk urusan internasional Kamar Dagang AS Myron Brilliant mengatakan 90 persen dari kesepakatan tersebut telah tercapai namun 10 persen tahapan akhir menjadi bagian tersulit dari proses negosiasi.

Baca juga: Perang Dagang, Pekan Ini AS dan China Lanjutkan Negosiasi

Dalam satu tahun terakhir, Amerika Serikat dan China telah memungut tarif untuk miliaran dollar AS jenis produk yang mengganggu rantai pasokan barang dan jasa di dunia serta meningkatkan ongkos produksi di banyak perusahaan.

Perwakilan Perdagangan AS Robert Lighthizer dan Menteri Keuagan AS Steven Mnuchin pada Rabu waktu setempat akan melakukan pembicaraan dengan Perdana Menteri China Liu He.

Jika diskusi tersebut membuahkan hasil, kemungkinan Presiden As Donald Trump akan bertemu dengan Presiden China Xi Jinping untuk secara resmi menandatangai perjanjian. Namun, kemungkinan terburuk jika kedua negara ekonomi terbesar di dunia tersebut gagal mencapai kata sepakat, beberapa analis telah memperingatkan kemungkinan terjadinya resesi global.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X