Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Orang-orang Bergaya Hidup Konsumtif Rentan Terjerat Utang

Kompas.com - 04/04/2019, 22:13 WIB
Murti Ali Lingga,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Gaya hidup seseorang akan berpengaruh pada kondisi keuangannya. Mereka yang bersikap lebih mementingkan penampilan akan cenderung lebih bergaya hidup konsumtif.

Segala cara akan dilakukan untuk memenuhi kebutahan itu termasuk memutuskan meminjam uang. Namun, tahukah Anda orang-orang yang tergolong konsumtif ini rentan terlilit utang.

"Terjeratnya orang ngutang itu kerena (gaya hidup) konsumtif," kata perencana keuangan, Mike Rini Sutikno kepada Kompas.com, Kamis (4/4/2019).

Menurut Mike, pengetahuan atau literasi tentang keuangan ikut berpengaruh pada keputasan seseorang ketika meminjam. Sebab, jika literasinya rendah maka seseorang tidak akan tahu batasan-batasan meminjam sejauh mana.

Baca juga: Ternyata, Lebih Baik Pinjam Uang Tidak dalam Keadaan Kepepe

"Terus tingkat literasi yang masih rendah. Jadi enggak tahu, kebabalasan dalam mengambil pinjaman," tuturnya.

Ia menilai, saat ini masyarakat Indonesia cenderung lebih konsumtif. Ini bisa dilihat dari perilaku untuk memperoleh suatu, baik yang dibayar secara tunai maupun sempat dengan skema kredit.

"Apalagi barang-barang makin murah. sifat konsumtif ini yang bisa mendorong untuk memiliki gaya hidup diluar pendapatan," sebutnya.

"Kalau sudah di luar gajinya masih mampu beli ini dan itu. Biasanya ngutang sih," sebutnya.

Meskipun demikian, kata Mike, persoalan meminjam bukanlah pada baik buruknya. Namun lebih kepada bagaimana menggunakan dana tersebut. Sehingga peruntukkannya lebih tepat sasaran.

"Ngutang itu tidak bicara baik atau buruk, tapi bagaimana menggunakannya. Kalau yang menggunakan saja tidak mengerti, enggak paham, dengan maindset yang kurang tepat, jadinya (gimana)?" imbuhnya.

Dikatakannya, ada beberapa pertimbangan yang perlu diketahui seseorang sebelum memutuskan meminjam uang. Di antaranya tujuan meminjam, kemampuan membayar, sumber dana membayar pinjaman, dan sumber pinjaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com