Pembangunan Terminal 4 Bandara Soetta Ditargetkan Rampung pada 2024

Kompas.com - 06/04/2019, 10:29 WIB
Pesawat Garuda Indonesia terparkir di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Minggu (10/2/2019). KOMPAS.com/MURTI ALI LINGGA Pesawat Garuda Indonesia terparkir di apron Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang Banten, Minggu (10/2/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno menargetkan pembangunan terminal 4 Bandara Soekarno Hatta bisa rampung pada tahun 2024.

Dengan adanya terminal baru tersebut diharapkan bisa menambah jumlah kapasitas penumpang.

“Kalau tahun 2022 belum dapat Terminal 4. Insya Allah kalau 2024 bisa full kapasitas," ujar Rini di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Jumat (5/4/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin menambahkan, saat ini pihaknya masih melakukan tender untuk design terminal 4. Setelah tender design, kontruksi terminal 4 tersebut baru bisa dikerjakan.

Baca juga: Menteri Rini: Standar Bandara Soetta Sama dengan Bandara London

“Setelah itu kan kita akan melakukan persiapan konstruksi. Jadi konstruksi mungkin kita akan mulai awal-awal 2021," kata Awal.

Awal memperkirakan dana yang harus dikeluarkan untuk proyek tersebut sekitar Rp 1 triliun. Nantinya dana pembangunan itu akan menggunakan kas internal perusahaan dan penerbitan obligasi.

“Kita mulai bangun nanti mungkin mulai di 2021 dengan kondisi kapasitas harga material dan sebagainya, saya perkirakan tidak kurang sekitar Rp 11 triliun, itu akan kita alokasikan untuk Terminal 4," ucap dia.

Nantinya, terminal 4 Bandara Soekarno Hatta akan dibangun di atas lahan seluas 120 hektar. Kapasitas penumpangnya diperkirakan sebesar 45 juta penumpang.

Baca juga: Ingin Sewa Helikopter dari Bandara Soetta ke Jakarta hingga Bandung? Ini Tarifnya

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X