Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memulai Bisnis

Kompas.com - 06/04/2019, 15:16 WIB
Akhdi Martin Pratama,
Erlangga Djumena

Tim Redaksi

Sumber Forbes

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak orang mempunyai mimpi bisa membuka bisnis sendiri. Namun, terkadang mereka merasa tak siap, waktunya belum tepat, modalnya besar atau merasa tak memiliki pengalaman dalam berbisnis.

Faktanya, tak ada waktu yang tepat untuk memulai sebuah bisnis. Anda harus segera memulainya.

Berikut lima hal yang perlu Anda ketahui sebelum memulai bisnis:

1. Ide bisnis

Apa ide besarmu? Anda harus dapat mengartikulasikan ide bisnis Anda dalam bahasa yang sederhana. Tetapkan apa yang direncanakan untuk dilakukan, apa yang akan Anda jual, dan bagaimana hal itu berbeda dari produk lainnya yang dijual di pasaran.

2. Model pendapatan

Bagaimana Anda bisa menghasilkan uang? Pikirkan tentang apa yang Anda rencanakan untuk dijual dan bagaimana mengemasnya.

Misalnya apakah itu produk dengan harga tunggal, lisensi perangkat lunak, atau ada beberapa penawaran? Apakah ada potensi untuk meraup pendapatan yang berkelanjutan?.

Tentukan berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mendapatkan penawaran pertama yang siap dijual sehingga Anda dapat memproyeksikan kapan Anda mulai menghasilkan pendapatan.

Ini akan membantu Anda memproyeksikan kebutuhan arus kas Anda, yang sangat penting pada tahap awal membangun bisnis. Tidak ada yang membunuh bisnis lebih cepat daripada kurangnya arus kas.

Baca juga: 6 Ide Bisnis Konyol yang Ternyata Menguntungkan

3. Pelanggan

Siapa yang akan membeli produk Anda?. Semakin jelas Anda menentukan target pelanggan, semakin besar peluang untuk menemukan dan menjangkau mereka melalui kampanye pemasaran yang tepat. Buat demografi pelanggan ideal Anda termasuk lokasi, usia, pekerjaan, tingkat pendapatan, hobi, suka dan tidak suka dll.

Setelah Anda membuat hal tersebut, Anda akan menjadi lebih mudah untuk menemukan dan memasarkannya kepada mereka. Ini membantu menentukan bahasa Anda, nada suara, posisi dan membantu Anda berkomunikasi dengan cara yang menarik.

4. Nilai

Tentukan bagaimana Anda akan memberikan harga yang tepat kepada pelanggan. Apa yang diperlukan untuk memenuhi pertukaran nilai ini dan di mana mereka bisa membayar produk Anda serta bagaimana Anda mengirimkan produk / layanan Anda?

Halaman:
Sumber Forbes
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com