Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambut Hari Konsumen Nasional, OJK dan BI Gelar Bandung Fin Run 2019

Kompas.com - 07/04/2019, 10:07 WIB
Bambang P. Jatmiko

Editor

BANDUNG, KOMPAS.com - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) bersama Bank Indonesia (BI) menyelenggarakan Bandung Edu Fin Run 2019, Minggu (7/4/2019) dalam rangka menyambut Hari Hak Konsumen Sedunia (World Consumer Rights Day) yang jatuh pada 15 Maret dan sebagai bagian dari Hari Konsumen Nasional yang diperingati setiap tanggal 20 April. 

Dalam acara ini, OJK dan BI menggelar lomba lari dan fun walk dengan jarak tempuh 3 Km, 5 Km dan 10 Km.

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso menuturkan bagaimanapun, perlindungan konsumen itu penting karena dapat memberikan transparansi kepada nasabah.

"Selain itu hal ini juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada sketor jasa keuangan, meyakinkan kepada masyarakat bahwa produknya aman, data nasabah dapat terjaga dengan baik, serta memastikan bahwa pelaku industri jasa keuangan tidak melakukan abuse terhadap konsumennya,” kata Wimboh, Minggu (7/4/2019).

Wimboh juga menuturkan bahwa OJK mendukung program Bank Indonesia khususnya dalam menyediakan sistem pembayaran dengan teknologi pembayaran yang inovatif.

Sementara itu Deputi Gubenur BI Erwin Rijanto menyampaikan bahwa dalam menjalankan fungsi perlindungan konsumen, Bank Indonesia selalu berkoordinasi dengan otoritas terkait seperti OJK dan Pemerintah Daerah maupun dengan pelaku industri jasa keuangan baik perbankan maupun non-perbankan.

"Di luar itu, partisipasi aktif dari pengguna jasa sistem pembayaran mutlak sangat diperlukan dalam menjaga hak-hak konsumen," kata Erwin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com