Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

BRI Dorong UMKM Inkubasi Manfaatkan E-commerce

Kompas.com - 07/04/2019, 11:45 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

CIANJUR, KOMPAS.com - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (KOMPAS100: BBRI) mendorong UMKM dalam inkubasinya mengandalkan kecanggihan teknologi untuk memasarkan produk.

Ada empat prinsip yang diperkenalkan BRI kepada pelaku usaha, yakni go modern, go digital, go online, dan go global.

Kepala Desk Inkubator Bisnis Mikro dan Ritel BRI Djoko Purwanto mengatakan, keempat prinsip itu harus dipegang agar bisnis UMKM bisa bertumbuh dan berkembang. Menurut dia, saat ini pelaku usaha tak perlu lagi repot memikirkan kios untuk menempatkan dagangannya karena bisa dipasarkan secara online.

"Binaan BRI bukan hanya jualan, tapi harus (memanfaatkan) e-commerce. Tahu bagaimana jualan secara digital," ujar Djoko di saat ditemui di Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, Sabtu (6/4/2019).

Baca juga: Hingga 2018, BRI Inkubasi 304.000 Pelaku UMKM

Pelaku usaha pun dituntut menjadi akrab dengan dunia digital dengan memanfaatkan gawainya. Pertama, pelaku usaha harus up to date dengan tren terkini, apa yang tengah digemari pasar.

Kemudian, penjual bisa menjual produk-produk tersebut setelah menentukan pangsa pasarnya.

Pemasaran pun dilakukan secara online, baik lewat Instagram, Facebook, atau e-commerce. Oleh karena itu, pelaku usaha akan dibina terlebih dulu di Rumah Kreatif BUMN untuk diperkenalkan dasar berbisnis dan kewirausahaan untuk meningkatkan daya saing UMKM, termasuk cara memasarkannya.

Baca juga: Pelaku UMKM, Ini Cara Bangun Brand yang Kuat

"Kemudian kita kuatkan dengan inkubator supaya bisa go global. Kita kenalkan dengan e-commerce. Harapannya usaha mereka bisa suistain," kata Djoko.

Hingga 2018, ada 304.000 pelaku usaha yang terdaftar jadi anggota RKB. Sampai saat ini RKB telah melakukan 2.200 pelatihan. Setiap pelatihan, pelaku usaha atau calon entrepreneur akan didampingi para ahli.

Dengan adanya program inkubator ini, kata Djoko, maka UMKM penerima kredit usaha rakyat (KUR) BRI nantinya akan semakin banyak.

"Kita mau per tahun 10-15 persen (dari anggota) kita tingkatkan jadi pelaku global," kata Djoko.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com