Petrokimia Gresik Dukung Kreativitas Mahasiswa

Kompas.com - 07/04/2019, 13:27 WIB
Ilustrasi Wisuda ShutterstockIlustrasi Wisuda

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Petrokimia Gresik menggelar Kelas Kreatif di Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Dian Nuswantoro (Udinus), Semarang, Jawa Tengah. 

Dalam kegiatan tersebut, para mahasiswa diberikan tips berwirausaha yang efektif langsung dari pelaku usaha di industri kreatif yang telah berpengalaman.

Manajer Humas Petrokimia Gresik Muhammad Ihwan, mengatakan, pihaknya termotivasi untuk memberikan ide dan motivasi kepada para milenial yang kelak akan menjadi tulang punggung perekonomian nasional.

Baca juga: Tumbuhkan Semangat Kewirausahaan Mahasiswa, PNJ Gandeng Industri

“Mereka akan menjadi mesin penggerak ekonomi dalam beberapa tahun ke depan. Maka itu kami ingin mereka mulai menyadari potensi apa saja yang mereka dan daerah mereka miliki," ujar Ihwan dalam keterangan resminya, Minggu (7/4/2019).

Ia melihat ada banyak komoditas lokal yang berpeluang besar untuk dikembangkan. Tentu saja, diperlukan inovasi dan kreasi agar mereka memiliki nilai tambah sehingga memiliki daya saing.

"Tidak perlu yang jauh-jauh, ada banyak produk lokal yang memiliki potensi sangat besar untuk dikembangkan. Kopi, cokelat, bunga dan lain-lain adalah beberapa di antara mereka," kata Ihwan.

Baca juga: Era Industri 4.0, Mahasiswa Didorong Semangat Berwirausaha


Sementara itu, Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi Udinus Tyas Catur Pramudi mengatakan, kegiatan kelas kreatif tidak hanya memberikan pengetahuan dan keterampilan, tetapi juga mengangkat kesadaran anak muda akan potensi daerah masing-masing.

“Dengan sentuhan inovasi dan ide-ide yang lebih baru dan segar, produk-produk lokal akan bisa bersaing terlebih dengan memanfaatkan teknologi digital yang sudah menjadi makanan sehari-hari kaum milenial," ucapnya.

Dalam pelaksanan kelas kreatif, Petrokimia Gresik menggandeng mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Undip dan Fakultas Ilmu Komputer Udinus dengan melibatkan total lebih dari 350 peserta.

Baca juga: PT LEN dan Politeknik Negeri Jakarta Sepakati Program Magang Mahasiswa

Adapun kelas kreatif yang dibuka meliputi kelas kopi, cokelat, florist, eceng gondok dan mangrove.

Kegiatan ini sendiri digelar Dalam rangka menyambut hari ulang tahun Kementerian BUMN.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X