Berbiaya Murah, Film Horor Paling Banyak Diproduksi di Indonesia

Kompas.com - 07/04/2019, 14:03 WIB
Ilustrasi film seram cosmin4000Ilustrasi film seram

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri perfilman Indonesia terus berkembang. Banyak pilihan genre atau jenis film yang diproduksi, salah satunya untuk remaja.

Pengamat film Indonesia, Yan Wijaya mengatakan, sejauh ini tren industri film Tanah Air menunjukkan hal positif. Peningkatannya pun terlihat secara signifikan.

"Pada 2019 ini, sangat menggembirakan dan mencapai puncaknya selama 100 tahun kalau kita lihat sejak ada film Indonesia sampai hari ini," ungkap Yan ketika dihubungi Kompas.com, Minggu (7/4/2019).

Baca juga: Tak Sekedar Tontonan, Film Salah Satu Penggerak Perekonomian

Menurut Yan, hingga kini film yang paling diminati adalah film remaja sehingga paling banyak diproduksi. Film-film ini antara lain bergenre horor.

"Jumlah film horor mencapai 50 judul lebih (secara total keseluruhan) berarti 30 persen lebih. Setiap minggu kita menyaksikan sebuah film horor Indonesia, bahkan bisa sampai dua judul," ujarnya.

Dia mengatakan, film horor bisa dibilang berlebihan diproduksi di dalam negeri. Selama di Indonesia hanya tiga genre yang cukup disukai serta diminati yakni horor, drama, dan komedi. Sedangkan film laga jarand diproduksi.

"Sementara film action jarang, mungkin dalam setahun hanya dua judul film dalam setahun," ungkapnya.

Baca juga: Menurut Pengamat, Ini Sejumlah Dampak Industri Film ke Perekonomian

Ia menjelaskan, selain film horor disukai, alasan film ini juga terus diproduksi karena biaya yang dibutuhkan tidak terbilang besar. Kemudian pembuatan film horor sebagain besar adalah standard dan biasanya membutuhkan biaya murah.

"Kecuali beberapa film horor bagus sekali, itu biasanya hampir dua kali lipat yang biasa. Tapi rata-rata film horor standar Rp 2,5 miliar. Kalau saat ini angka itu tidak besar," jelasnya.

Alasan lain film ini tetap digarap lantaran murah, gampang dibuat dan banyak rumah produksi yang ikut-ikutan alias latah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X