Simak Tips Merintis Bisnis dari Kaesang Pangarep

Kompas.com - 08/04/2019, 12:40 WIB
Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep saat meresmikan kedai kopi pertamanya yang dinamai Ternak Kopi di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (6/4/2019).KOMPAS.com/AKHDI MARTIN PRATAMA Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep saat meresmikan kedai kopi pertamanya yang dinamai Ternak Kopi di Cipayung, Jakarta Timur, Sabtu (6/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Putra bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep merupakan pebisnis muda yang bisa dibilang cukup sukses.

Baru berusia 24 tahun, Kaesang setidaknya telah memiliki tiga bisnis yang bisa menghasilkan pundi-pundi uang.

Pertama, Kaesang memiliki bisnis pisang goreng yang dinamakan ' Sang Pisang’. Kedua, dia memiliki bisnis pakaian yang dinamai 'Sang Javas'. Ketiga, bisnis kedai kopi yang baru dia rintis dan dinamai ‘Ternak Kopi’.

Baca juga: Ekspansi Bisnis, Kaesang Pangarep Luncurkan Ternak Kopi

Putra orang nomor satu di Indonesia itu pun membagikan tipsnya bagi generasi milenial yang ingin terjun ke dunia bisnis.

Pertama, untuk membuka sebuah bisnis menurut Kaesang hal yang paling dibutuhkan adalah keberanian. Kata dia, sebaiknya generasi milenial yang ingin berbisnis lakukanlah segera mungkin.

“Ya buka aja dulu (suatu bisnis). Segala hal pasti bisa lah,” ujar Kaesang akhir pekan kemarin.

Menurut Kaesang, kebanyakan orang batal membuka sebuah usaha karena alasan keterbatasan modal.

Baca juga: Ini Alasan Kaesang Terjun ke Bisnis Kopi

Padahal, kata dia, selama kita mau berusaha, modal bukan lah hambatan untuk seseorang merintis sebuah bisnisnya.

Dia sendiri mengaku membuka Ternak Kopi tak mendapat bantuan modal dari Jokowi.

“Kalau kendala modal, sekarang ini tuh kalian tahu kan ada salah satu brand kopi yang bisa dapat suntikan dana sampai Rp 120 miliar, anak muda. Segala hal pasti bisa lah jangan hanya mengeluh,” kata Kaesang.

Baca juga: Kaesang Pangarep Luncurkan Madhang.Id, Marketplace Masakan Rumahan

Saat ini, Kaesang telah memiliki 65 cabang Sang Pisang yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara untuk Ternak Kopi, dia baru memiliki satu kedai. Namun, dalam dua atau tiga bulan ke depan Kaesang menargetkan akan membuka 10 sampai 15 kedai Ternak Kopi di Jabodetabek.



Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Close Ads X