Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Lewat Polbangtan, Mentan Optimistis Bisa Cetak Petani Milenial Sukses

Kompas.com - 08/04/2019, 15:30 WIB
Mikhael Gewati

Editor

KOMPAS.com — Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan, pengembangan pertanian modern berbasis teknologi melalui mekanisasi dan digitalisasi akan menjadikan pendidikan pertanian semakin menarik bagi generasi muda. 

"Hal ini terlihat dari meningkatnya peserta yang mendaftar di Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan). Jika dibandingakan dengan 2013, pendaftar di Polbangtan pada 2018 naik 1.238 persen," ujar Mentan seperti dalam keterangan tertulisnya.

Hal itu disampaikan Mentan saat meresmikan Kampus II Bone Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa di Bone, Sulawesi Selatan, Senin (4/8/2019) pagi.

Kampus II Polbangtan Gowa ini terletak di Desa Mappesangka dan Desa Turuadae, Kecamatan Ponre, dengan lahan seluas 10,5 hektar (ha). 

Perlu diketahui Polbangtan merupakan hasil perubahan konsep dari sebelumnya berbentuk Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP). Perubahan ini pun ditujukan untuk menumbuhkan lebih banyak lagi wirausahawan muda. 

Maka dari itu, keberadaan Polbangtan akan disinergikan dengan sejumlah program Kementan yang bertujuan untuk menumbuhkembangkan petani milenial, termasuk di dalamnya petani dan santri tani milenial. 

“Langkah ini kami ambil untuk menyukseskan Program Pembangunan Pertanian Menuju Lumbung Pangan Dunia 2045,” ujar Amran optimistis. 

Polbangtan sebagai pendidikan tinggi vokasi, disebut Amran, memiliki peran strategis dan berada di garda terdepan. Ini karena Polbangtan akan mendidik generasi milenial menjadi tenaga-tenaga terampil, profesional, dan berdaya kompetitif tinggi yang akan meningkatkan daya saing bangsa.

Amran bahkan menyebutkan, sudah ada dua menteri yang merupakan lulusan STPP sebagai embrio Polbangtan. Keduanya adalah Menteri Negara Pangan dan Hortikultura periode 1998–1999 AM Saefuddin dan Menteri Pendidikan Dasar dan Kebudayaan Indonesia 1966 Syarif Tayeb.

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (tengah) bersama jajaran terkait secara bersama-sama menekan tombol tanda diresmikannya Kampus II Bone Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa di Bone Sulawesi Selatan, Senin (4/8/2019). Dok. Humas Kementerian Pertanian RI Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (tengah) bersama jajaran terkait secara bersama-sama menekan tombol tanda diresmikannya Kampus II Bone Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) Gowa di Bone Sulawesi Selatan, Senin (4/8/2019).
Tak hanya dua nama tersebut, Amran turut menyebutkan nama bekas Rektor Institut Pertanian Bogor (IPB) Andi Hakim Nasution yang juga alumnus STPP. 

“Kami yakin Polbangtan bisa cetak petani milenial. Mari kita jaga kampus ini sebagai pencetak generasi pertanian modern dan milenial,” kata Amran. 

Kampus peternakan

Adapun terkait launching Kampus II Bone, Amran mengatakan bahwa keberadaan kampus ini sangat strategis dan sekaligus menjawab tantangan Presiden untuk menyiapkan para unggulan di bidang pertanian yang kreatif dan inovatif. 

Perlu diketahui, Kampus II Polbangtan Gowa ini diplot sebagai kampus khusus peternakan. Oleh karena itu, Mentan berharap kampus ini bisa menghasilkan produk yang selevel dengan produk-produk unggulan Kementan di sektor peternakan, seperti sapi belgian blue, kambing atau domba dan ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB). 

“Jadikan Polbangtan ini sebagai pusat sumber inseminasi buatan (IB). Kampus ini harus memiliki container semen lapangan yang nantinya akan seperti SPBU. Jadi setiap sapi yang lewat bisa diberikan IB secara gratis untuk menghasilkan sapi-sapi unggul yang besar dan berotot di daerah Bone dan sekitarnya," kata Amran.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com