Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Toko Online Benih Ini Bidik Petani Milenial

Kompas.com - 08/04/2019, 16:31 WIB
Ambaranie Nadia Kemala Movanita ,
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Produsen benih Cap Panah Merah, PT East West Seed Indonesia (EWINDO) membuat toko online resmi di e-commerce.

Direktur EWINDO Glenn Pardede mengatakan, pihaknya ingin menjangkau pasar mereka lebih luas lagi, hingga pelosok daerah. Ini terutama petani milenial yang sudah mahir menggunakan gadget dan internet. 

"Ada 7 juta petani yang menjadi pelanggan kami. Pasarnya bergeser dari yang petani tua jadi petani milenial," ujar Glenn di Jakarta, Senin (8/4/2019).

Baca juga: Banyak Dipalsu, Cap Panah Merah Buka Manfaatkan 2 E-commerce

Dengan demikian, di daerah manapun yang terjangkau internet, bisa memesan benih Cap Panah Merah secara online.

Tak hanya itu, banyak juga urban farming atau pertanian yang berada di kota-kota. Nasib petani kota tak seberuntung petani desa dalam mendapatkan benih sayuran. Oleh karena itu, platform online ini menjadi kendaraan yang baik untuk melayani para petani tersebut.

"Yang pasti, ini yang banuak bakal beli malah dari perkotaan sepertinya. Pertanian perkotaan atau urban farming lagi booming tapi sulit nyari benihnya," kata Glenn.

Baca juga: Antisipasi Benih Palsu, Kementan Dampingi Importir Bawang Putih

Glenn menyebut lokasi urban farming paling banyak dilakukan di Jakarta. Memang lahan pertaniannya kian sedikit, namun banyak juga yang berkebun menanam sayuran di rumahnya.

Karena itulah Cap Panah Merah menjual benih ukuran besar untuk profesional dan personal pouch untuk petani rumahan. Cara menanamnya pun berbeda dengan petani di desa karena keterbatasan lahan, yakni dengan hidroponik dan aeroponik.

Glenn menargetkan penjualan benih meningkat signifikan dengan dibukanya toko online. Targetnya, benih akan terjual 1 juta kemasan dalam 3 tahun ke depan.

"Target kami 10 persen dari total penjualan itu dari online," kata Glenn.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com