Diresmikan Jokowi, Bandara Tjilik Riwut Diharap Jadi Motor Penggerak Ekonomi Kalteng

Kompas.com - 08/04/2019, 17:40 WIB
Presiden Joko Widodo ketika meresmikan terminal baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Senin (8/4/2019). KOMPAS.com/MUTIA FAUZIAPresiden Joko Widodo ketika meresmikan terminal baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Senin (8/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo telah meresmikan terminal baru Bandar Udara Tjilik Riwut pada Senin (8/4/2019). Perluasan bandara yang dibangun selama 4,5 tahun tersebut diharapkan bis menjadi motor pertumbuhan ekonomi di kawasan Kalimantan Tengah.

"Kita harapkan Tjilik Riwut bisa menjadi sebuah motor pertumbuhan ekonomi di Kalimantan Tengah dan itu terlihat dari jumlah penumpang yang meningkat sangat tinggi dan kargo yang juga sangat tinggi," ujar Jokowi ketika meresmikan termina baru Bandara Tjilik Riwut di Palangkaraya, Senin (8/4/2019).

Jokowi memaparkan, proses pembangunan perluasan bandara tersebut memiliki nilai investasi mencapai Rp 700 miliar yang dibebankan kepada APBN mulai dari pembangunan terminal, taxy way, hingga perpanjangan runway.

Bandara dengan terminal baru berkapasitas 4 juta penumpang ini diharapkan bisa melayani 3 juta penumpang dalam kurun waktu dua tahun ke depan.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan tahun lalu, jumlah penumpang yang bisa dilayani melalui bandara yang kini dikelola oleh PT Angkasa Pura II ini bisa sebanyak 1.050.000 penumpang dalam satu tahun.

Saat ini, Tjilik Riwut melayani 32 pergerakan pesawat dari maskapai Garuda Indonesia, Citilink, Batik Air, Lion Air, Wings Air, dan Transnusa.

Untuk diketahui, terminal baru Bandara Tjilik Riwut memiliki luas 29.124 meter persegi dan dengan kapasitas mencapai 2.200 penumpang sehari. Sebelumnya, terminal lama hanya memiliki luas 3.865 meter persegi dengan kapasitas 600 orang per hari.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Landasan pacu (runway) pada terminal baru ini berukuran 2.500 meter x 45 meter, dengan didukung dua taxiway masing-masing 150 meter x 23 meter, apron 328 meter x 110 meter, serta parking stand yang mampu menampung sebanyak empat pesawat berbadan lebar.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.