Produksi 737 MAX Dipangkas, Saham Boeing dan Pemasoknya Berjatuhan

Kompas.com - 08/04/2019, 18:16 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Beberapa waktu lalu, pabrikan pesawat asal AS Boeing Co memutuskan untuk memangkas produksi pesawat seri 737 yang menjadi andalan bisnisnya. Keputusan ini pun membuat saham Boeing dan perusahaan-perusahaan pemasoknya berjatuhan.

Dikutip dari Metro USA, Senin (8/4/2019), pada perdagangan awal pekan saham Boeing menukik 2,7 persen. Sementara itu, saham Meggitt, Melrose, dan Safran yang merupakan pemasok Boeing anjlok antara 1 hingga 2,5 persen.

"Jika penurunan terjadi hingga September 2019, maka potensi kehilangan pendapatan Meggitt mencapai 8,525 juta dollar AS, mungkin bisa lebih karena kemungkinan angka produksi pesawat 737 MAX akan meningkat menjadi 57 unit pada 2019," kata analis dari broker saham Jefferies.

Baca juga: Tekan Kerugian, Boeing Pangkas Produksi 737 Sebesar 19 Persen

Boeing memangkas produksi pesawat 737 MAX dari 52 unit menjadi 42 unit per bulan mulai pertengahan bulan ini. Namun demikian, pihak Boeing tidak menyebut sampai kapan pemangkasan produksi pesawat terlarisnya tersebut.

Pemangkasan produksi pesawat 737 MAX dilakukan pasca tragedi jatuhnya pesawat tersebut yang dioperasikan Lion Air dan Ethiopian Airlines.

Baca juga: Boeing Pangkas Produksi Pesawat 737

Bank investasi Cowen menyatakan keputusan Boeing untuk memangkas produksi pesawat 737 MAX adalah hal yang tepat.

"Pemangkasan (produksi pesawat) 737 seharusnya akan membantu menyelesaikan krisis, namun kinerja keuangan tahun 2019 akan terdampak," tulis Cowen dalam laporannya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Metro US
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.