Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Grab Sebut Ingin 4 Kali Lipat Lebih Besar dari Go-Jek

Kompas.com - 08/04/2019, 18:38 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - CEO dan Co-founder Grab Holdings Inc Anthony Tan mengumumkan rencana ekspansi besar-besaran Grab di kawasan Asia Tenggara. Grab pun menargetkan perolehan modal sebesar total 6,5 miliar dollar AS hingga akhir tahun ini.

Tan mengungkapkan, pihaknya telah bertemu dengan Masayoshi Son, bos SoftBank selaku investor besar Grab. Dalam pertemuan tersebut, Tan dan Son menyepakati dukungan SoftBank terhadap rencana ekspansi Grab.

Dengan kucuran permodalan dari SoftBank dan investor-investor lainnya, Grab yakin bisa melampaui pesaing terberatnya di Indonesia dan Asia Tenggara, yakni Go-Jek.

Baca juga: Soal Tarif Ojek Online, Grab Berharap Kepentingan Mitra dan Penumpang Seimbang

"Dengan dukungan dari investor-investor strategis seperti SoftBank dan lainnya, ini memungkinkan kami tumbuh sangat agresif di tahun ini pada bisnis pembayaran, transportasi, dan antar makanan," sebut Tan dalam keterangan resminya, Senin (8/4/2019).

"Dengan tingkat pertumbuhan kami saat ini, kami targetkan untuk menjadi 4 kali lebih besar dari kompetitor terbesar kami di Indonesia dan kawasan Asia Tenggara pada akhir tahun ini," imbuh Tan.

Bulan lalu, Grab mengamankan investasi senilai 1,46 miliar dollar AS dari SoftBank Vision Fund. Kemitraan Grab dengan SoftBank, imbuh Tan, semakin dalam, sejalan dengan jalinan hubungan keduanya sejak tahun 2014 lalu.

Baca juga: Grab Berambisi Jadi Super Apps Terbesar di Asia Tenggara

Grab telah menjalin pula kerja sama dengan sejumlah raksasa di bidangnya, seperti Toyota, Hyundai, Microsoft, dan Mastercard. Di Indonesia, Grab antara lain telah menjalin kemitraan dengan OVO, BTN, dan Bank Mandiri.

Sementara itu, di Malaysia, Grab menjalin kerja sama dengan Maybank. Grab juga menjalin kemitraan dengan Kasikornbank dan Central Group di Thailand.

Di Singapura, mitra Grab adalah UOB dan di Filipina adalah SM Investment Corporation.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com