Jalur Dwi Ganda Jatinegara-Cakung Bisa Beroperasi Akhir Pekan Ini

Kompas.com - 08/04/2019, 21:06 WIB
Proyek pembangunan double double track (DDT) atau dwi ganda dari Stasiun Manggarai-Jatinegara sudah mencapai 67 persen hingga November 2018. KOMPAS.com/ RINDI NURIS VELAROSDELAProyek pembangunan double double track (DDT) atau dwi ganda dari Stasiun Manggarai-Jatinegara sudah mencapai 67 persen hingga November 2018.

JAKARTA, KOMPAS.com - Jalur kereta api dwi ganda atau Double-Double Track ( DDT) segmen Jatinegara-Cakung akan mulai beroperasi pada 12 April 2019. Segmen Jatinegara-Cakung sendiri memiliki panjang 9,5 kilometer.

Kepala Balai Teknik Jakarta-Banten, Dirjen Perkeretaapian Kementerian Perhubungan, Jumardi mengatakan, pada 12 April mendatang di KM 12 dan KM 21 antara Jatinegara dan Cakung akan dilaksanakan kegiatan pemindahan jalur pada jalur dwiganda (DDT) segmen Jatinegara-Cakung lintas Manggarai-Cikarang.

Setelah pelaksanaan switchover ini, DDT segmen Jatinegara-Cakung sepanjang 9,5 Km sudah dapat dioperasikan.

"Dengan beroperasinya DDT segmen Jatinegara – Cakung, nantinya jalur ganda eksisting akan dioperasikan untuk melayani operasional KRL Commuterline Jabodetabek. Sedangkan jalur ganda yang baru akan difungsikan untuk melayani pengoperasian KA Jarak Jauh dan KA Lokal," ujar Jumardi dalam keterangan tertulisnya, Senin (8/4/2019).

Jumardi menjelaskan, rencana switchover DDT segmen Jatinegara–Cakung ini, akan berdampak pada bertambahnya waktu perjalanan kereta api.

Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada masyarakat pengguna jasa untuk dapat menyesuaikan waktu perjalanan. Kemenhub juga memohon maaf atas ketidaknyamanan sebagai dampak pelaksanaan switchover.

"Kami juga akan menutup 2 pintu perlintasan sebidang. Perlintasan tersebut, yaitu JPL 52 di Pisangan Lama (Pasar Enjo) dan JPL 66 di Jl. Stasiun Cakung, Jakarta Timur," kata Jumardi.

Sementara itu, Kementerian Perhubungan dalam rangka mendukung operasional jalur dwiganda (DDT) ini juga telah menyelesaikan modernisasi 5 stasiun, yaitu Stasiun Klender, Klender Baru, Buaran, Cakung dan Kranji.

Diharapkan dengan beroperasinya DDT segmen Jatinegara – Cakung dan 5 stasiun modernisasi akan mendukung terwujudnya target penumpang kereta api perkotaan di wilayah Jabodetabek atau pengguna jasa KRL Commuterline menjadi 1,2 juta orang perhari pada tahun 2019.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X