Menhub Tegaskan Tidak Akan Subsidi Tiket Pesawat Kelas Ekonomi

Kompas.com - 09/04/2019, 05:38 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai memimpin rapat tertutup di Stasiun Bogor, Kamis (4/4/2019).KOMPAS.com / Ramdhan Triyadi Bempah Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai memimpin rapat tertutup di Stasiun Bogor, Kamis (4/4/2019).

JAKARTA, KOMPAS.com — Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menegaskan pemerintah tidak berencana untuk memberi subsidi tiket pesawat kelas ekonomi.

"Enggak ada (rencana beri subsidi tiket)," ujar Budi di kantornya, Senin (8/4/2019).

Hal tersebut juga kembali ditegaskan Sekretaris Jenderal Kemhub Djoko Sasono. "Enggak ada," katanya dalam kesempatan yang sama.

Menurut dia, pemerintah hanya memberikan subsidi untuk rute penerbangan yang sifatnya perintis.

Baca juga: Subsidi Energi Membengkak, Ini Penjelasan Jonan

"Perintis memang kita subsidi tiap tahun, tapi untuk yang itu (kelas ekonomi) belum ada rencana kita akan subsidi," ucap Djoko.

Pernyataan keduanya itu meralat pernyataan Dirjen Perhubungan Udara Polana B Pramesti yang menyatakan akan mengkaji untuk memberikan subsidi kepada maskapai penerbangan untuk kelas ekonomi.

Alasannya, ketika tak memberi subsidi, pemerintah tak bisa melakukan intervensi harga tiket pesawat. (Sinar Putri S.Utami)

Berita ini telah tayang di Kontan.co.id dengan judul Menhub tegaskan tidak ada subsidi tiket pesawat kelas ekonomi

Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Sumber
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Close Ads X